TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Mengenai Bunga Tulip, Bukan Berasal dari Belanda!

Bunga tulis selalu memiliki keunikannya tersendiri

ilustrasi bunga tulip (unsplash.com/@frostroomhead)

Tulip merupakan jenis bunga yang masih termasuk dalam keluarga Lilaceae. Keberadaan tulip sebetulnya menjadi simbol tersendiri untuk negara Belanda, namun keberadaannya juga sudah tersebar hingga Asia Tengah.

Penampilan bunga tulip memang sangatlah indah dengan warna-warnanya yang menarik. Untuk semakin mengenal bunga ini, kamu bisa menyimak beberapa faktanya berikut ini.

1. Bunga tulip ternyata bisa dikonsumsi

ilustrasi tulip kuning (unsplash.com/@pafuxu)

Selama ini mungkin kamu hanya berpikir bahwa bunga tulip merupakan hiasan semata. Padahal ternyata bunga tulip memiliki fungsi tersendiri yang berbeda dengan jenis bunga lainnya.

Dilansir Garden Tabs, banyak orang yang percaya bahwa bunga tulip bisa dikonsumsi selama tidak terkontaminasi oleh zat kimia. Namun, ada pula yang tak menyarankan, sebab bisa menyebabkan masalah kesehatan. Meski begitu, bunga tulip kerap dijadikan sebagai garnish dalam beragam olahan.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Bunga Kadupul, Bunga yang Tak Ternilai Harganya

2. Bukan berasal dari Belanda

ilustrasi tulip merah (unsplash.com/@jakuma)

Tulip sudah berabad-abad menjadi ikon tersendiri untuk negara Belanda. Hal ini karena ada banyak sekali bunga tulip yang ditanam dan menghiasi berbagai penjuru wilayah di Belanda. Namun, ternyata bunga tulip justru tidak berasal dari negara tersebut.

Dilansir 1800 Flowerstulip ternyata menjadi komoditas penting yang diekspor ke Belanda oleh Kerajaan Ottoman pada abad ke-16. Inilah yang membuat bunga tulip sangat banyak ditemukan di Belanda.

3. Setiap warna tulip mengandung makna berbeda

ilustrasi tulip oranye (unsplash.com/@jsanio)

Jika diperhatikan memang tulis memiliki ragam warna yang sangat beraneka. Setiap warna memiliki keindahannya tersendiri yang tentu saja mengandung makna.

Dilansir FTD.com, sebagai contohnya adalah tulip berwarna merah muda yang menjadi simbol dari kebahagiaan dan kepercayaan diri. Selain itu, ada pula tulip ungu yang melambangkan kesetiaan, tulip kuning melambangkan keceriaan, dan tulip putih yang melambangkan permintaan maaf.

4. Jadwal dan durasi mekar dari bunga tulip

ilustrasi tulip merah muda (unsplash.com/@rens23)

Keindahan bunga tulip memang akan semakin terlihat apabila bermekaran. Sayangnya bunga tulip tak selalu memiliki jadwal mekar yang lama, sehingga kamu perlu mencari tahu apabila ingin melihatnya langsung.

Dilansir Holland.com, musim tulip ternyata terjadi pada akhir bulan Maret hingga pertengahan Mei. Selain itu, durasi mekarnya mungkin berkisar 1 hingga 2 minggu. Namun, jika suhunya terlalu hangat, maka bisa mekar hanya beberapa hari saja.

Baca Juga: 10 Kebun Bunga Tersembunyi Paling Cantik di Indonesia, Pernah ke Sini?

Verified Writer

Salsabila Manlan

Jangan bosan menebarkan ilmu baru pada sesama!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya