TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Menanam Cabai di Polybag agar Berbuah Lebat, Mudah Dicoba

Solusi buat kamu yang gak punya lahan luas

ilustrasi tanaman cabai (pexels.com/Prath Snap)

Kamu suka masak dengan cabai yang banyak? Daripada beli terus, sebaiknya menanam cabai sendiri agar lebih hemat. Ini bisa jadi solusi juga saat harga cabai sedang naik hingga ratusan ribu per kg.

Tak perlu bingung bila kamu gak punya lahan luas. Gunakan polybag sebagai tempat menanam. Berikut cara menanam cabai di polybag yang benar agar buahnya lebat.

Ikuti tahapan penanamannya, yuk!

Baca Juga: Cara Menanam Ketumbar di Polybag, Mudah dan Efektif!

1. Pilih polybag yang tepat

ilustrasi polybag (pexels.com/Cottonbro)

Cara menanam cabai di polybag diawali dengan memilih polybag yang tepat. Saat membeli polybag, perhatikan ukuran, ketebalan, dan lubang drainasenya. Supaya, polybag awet ketika digunakan.

Sebaiknya, pilih polybag dengan ukuran 8 cm x 9 cm dengan bahan cukup tebal, seperti HPDE. Selain itu, pastikan arus air dalam polybag lancar dan tidak menggenang.

2. Siapkan media tanam yang cocok

ilustrasi menyiapkan media tanam (freepik.com/jcomp)

Cara selanjutnya adalah dengan menyiapkan media tanam. Gunakan campuran tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1. 

Agar media tanam makin kaya nutrisi yang bagus untuk menumbuhkan tanaman cabai, tambahkan sekam mentah, sekam bakar, dan sabut kelapa untuk campuran. Aduk rata semua bahan media tanam, lalu masukkan ke polybag.

Biarkan media tanam selama 2 hari dulu. Jangan lupa siram dengan air secukupnya. Ini bertujuan untuk menghilangkan bibit penyakit.

Kemudian, tanam benih cabai di polybag yang sudah diisi media tanam. Pastikan jarak antar benih 5-10 cm agar tanaman bisa tumbuh subur.

Baca Juga: Cara Menanam Kailan di Polybag untuk Lahan Sempit

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya