TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Cara Menciptakan Kebun yang Ramah Kucing Peliharaan

Bebas was-was!

ilustrasi kucing di kebun (pexels.com/Alex Bargain)

Kucing peliharaan pasti antusias kalau diizinkan bermain di kebun atau halaman rumah. Meski menyenangkan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar kebun rumah tetap ramah bagi kucing kesayanganmu.

Nah, tiga cara menciptakan kebun yang ramah kucing peliharaan ini harus kamu lakukan. Dengan begitu, sesi bermain outdoor bagi anabul tidak jadi hal yang berbahaya. Anabul pun jadi sehat dan bahagia, deh.

Baca Juga: Apa Fungsi Lubang Kecil di Sebelah Telinga Kucing?

1. Tanaman yang aman untuk kucing

ilustrasi kucing dan tanaman (unsplash.com/Milada Vigerova)

Kebun dengan berbagai tanaman merupakan keinginan banyak orang. Namun, kamu perlu memastikan bahwa tanaman di kebunmu aman untuk kucing.

Untuk itu, pilihlah tanaman yang ramah bagi kucing dan tidak beracun. Beberapa tanaman yang tidak aman untuk kucing antara lain azalea, hyacinth, lavender, dan tanaman lily. Alasannya, bagian dari tanaman tersebut meliputi serbuk sari, jarum, biji, bunga, dan daun, berpotensi menjadi racun bagi kucing, melansir Animal Emergency Center Memphis

2. Pastikan ada bagian teduh

ilustrasi kucing tidur di kursi (Pexels/Min An)

Saat matahari terik, kucingmu pasti ingin berjemur. Namun, jangan biarkan mereka terkena sinar matahari langsung terlalu lama. Pasalnya, sinar matahari berlebih dapat memicu dermatitis dan dehidrasi, melansir PetMD. Apalagi kucing juga tidak memetabolisme UVB jadi vitamin D3, berbeda dengan manusia. 

Sebagai pencegahan, kamu bisa membuat tempat berjemur dengan pelindung di atasnya. Atau, membuat kandang berbahan dasar kayu yang dilengkapi dengan atap dan alas yang nyaman. Hal ini akan membuat kucingmu merasa nyaman serta tidak terlalu panas.

Baca Juga: 3 Cara Mencegah Kucing Obesitas, Anabul Tetap Lucu dan Sehat

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya