TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Ciri-Ciri Reptil dan Keunikannya yang Perlu Kamu Tahu

Beda dengan mamalia, lho

ilustrasi komodo (unsplash.com/@jcotten)

Kamu pasti sudah gak asing dengan berbagai hewan mamalia seperti kucing, anjing, atau sapi. Namun, apakah kamu tahu tentang hewan reptil?

Reptil memiliki keunikan tersendiri, salah satunya adalah kemampuan mereka untuk mempertahankan suhu tubuh konstan. Selain itu, ada banyak lagi ciri-ciri reptil yang membuat hewan ini begitu menarik untuk dipelajari.

Yuk, kita bahas bersama-sama!

Baca Juga: 4 Perbedaan Ular Welang dan Ular Weling, Sama-sama Berbahaya

1. Tidak memiliki bulu

ilustrasi buaya (unsplash.com/Matthew Essman)

Ciri yang membuat reptil sangat mudah dikenali adalah mereka tidak memiliki bulu yang melekat di tubuh. Semua spesiesnya hanya memiliki sisik dan kulit kering yang lebih keras.

Sisik-sisik ini memberikan perlindungan yang baik terhadap predasi. Tak cuma itu, sisik pada tubuh reptil juga membantu menjaga suhu tetap stabil.

2. Bertelur

ilustrasi ular (freepik.com/Kuritafsheen77)

Ciri-ciri reptil lainnya adalah hewan ini termasuk dalam kelompok hewan ovipar atau bertelur. Inilah yang membedakan antara reptil dan mamalia.

Selain hal tersebut, reptil juga memiliki kelenjar khusus yang memungkinkan mereka untuk menghasilkan kantong telur yang kuat dan tahan lama. Meskipun bayi reptil masih terlalu kecil untuk bertahan hidup sendiri, mereka tetap aman di dalam kantong telur. Sampai akhirnya bayi reptil siap untuk keluar.

Baca Juga: Apakah Ular Punya Telinga dan Bisa Mendengar Mangsanya?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya