TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kenapa Memotong Bawang Merah Buatmu Menangis? Ini Penjelasan Sainsnya!

Perihnya itu lho bikin gak nahan...

unsplash.com/Webvilla

Buat kamu yang suka masak, pasti sering berurusan dengan bawang. Saat memotong bawang, terutama bawang merah kenapa tiba-tiba saja matamu perih dan berair ya?

Gak jarang pula kamu nangis, padahal memotong bawang bukanlah sesuatu yang menguras emosi. Jadi sebenarnya apa yang terjadi? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan ilmiahnya!

1. Tiap tanaman punya pertahanan masing-masing untuk bertahan hidup

unsplash.com/Anna Voss

Jangan salah, sama halnya dengan makhluk hidup lain, tanaman punya kemampuan untuk mempertahankan dirinya. Pada dasarnya, tanaman yang rusak sel-selnya akan terbuka. Tanaman akan melepaskan bahan kimia pahit yang biasa disebut polifenol. Bahan kimia tersebut mencegah hewan atau hama untuk memakannya.

Baca Juga: Kenapa “Ngelem” Bisa Bikin Kecanduan? Berikut Penjelasan Sainsnya 

2. Sementara, bawang punya pertahanan yang lebih ampuh

unsplash.com/Thomas Martinsen

Dilansir dari Karsten Moran untuk The New York Times, bawang memiliki bahan kimia lachrymatory factor. Sama halnya dengan tanaman pada umumnya, bahan kimia ini mencegah hama dan mikroba yang menyerang bawang. Hanya saja pertahanan bawang lebih ampuh sehingga punya pengaruh juga untuk manusia.

3. Bahan kimia bekerja layaknya gas air mata

unsplash.com/Luke Besley

Sebenarnya, saat kamu mengupas bawang biasa, matamu gak akan jadi perih. Matamu perih justru saat kamu memotong atau mengulek bawang. Itu karena dalam proses memotong atau mengulek tadi sel-sel tersebut terbuka.

4. Bahan kimia tersebut lalu larut di permukaan mata dan terkonversi menjadi asam sulfat

unsplash.com/Burhan Rexhepi

Saat mengenai matamu, sensor syaraf yang ada akan bereaksi dan membuat matamu berair. Itu karena kelenjar air matamu teriritasi sehingga perih dan membuatmu menangis.

Baca Juga: Menurut Sains, Ini 6 Hal Paling Bau di Dunia yang Harus Kamu Tahu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya