TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Karya BJ Habibie yang Mendunia, Semuanya di Industri Penerbangan

Proyek terbarunya malahan sudah laku sebelum jadi

twitter.com/habibiecenter

Nama BJ Habibie bukanlah nama yang asing terdengar di telinga orang. Terlepas sebagai presiden ketiga Indonesia, Habibie menyumbangkan banyak inovasi yang mendunia dan diakui secara internasional. Banyak karya beliau berkutat pada bidang penerbangan, khususnya desain dan teori pesawat. Berikut ini adalah karya-karyanya yang sudah tercipta selama ini.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik X-59, Pesawat Supersonik yang Dikembangkan untuk NASA

1. Teori Habibie

YouTube ruudabiyoga

Nama lain teori ini adalah crack progression theory. Inti dari teori ini adalah mengenali keretakan yang terjadi pada pesawat. Temuan ini ditemukan oleh Habibie saat berusia 32 tahun.

Dikatakan beliau harus benar-benar bekerja keras untuk mendapatkan teori ini sampai-sampai harus menghitung ke tingkatan atom. Namun berkat teori ini, pesawat modern zaman sekarang jauh lebih irit dalam pembakaran bahan bakar sekaligus mampu mengurangi risiko kecelakaan pesawat.

2. Pesawat N-250

ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Sebutan lainnya adalah pesawat Gatot Kaca. Ini adalah pesawat penumpang sipil yang dirancang IPTN atau PT. Dirgantara Indonesia. Kode N tersebut berasal dari kata Nusantara yang mana dimaksudkan untuk memberitahu kepada dunia jika segala pengerjaan pesawat ini dilakukan di Indonesia.

Baca Juga: 7 Aplikasi Media Sosial Karya Anak Bangsa, yuk Kita Dukung Bersama!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya