TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bukti Air Panas atau Dingin Bisa Ditebak dari Suaranya

Banyak yang berhasil menebak

mirror.co.uk

Bisakah kamu membedakan suara panas dan dingin? Sebuah perusahaan "sensory branding" asal Inggris bernama Condiment Junkie ingin tahu jawabannya dan melakukan penelitian.

Saat ini mereka fokus untuk menemukan bagaimana desain suara bisa mengarahkan mereka pada produksi iklan yang lebih baik. Kamu bisa mendengar contoh suara dari penuangan air dalam iklan Twinings Tea berikut!

1. Para pengiklan ingin tahu: apakah memungkinkan untuk membuat suara alami penuangan air jadi lebih menarik?

Bisakah orang mendengar perbedaan antara secangkir teh hangat yang sedang dituang dengan minuman dingin? Atau apakah mungkin untuk membuat minuman hangat "terdengar" lebih panas dan minuman dingin "terdengar" lebih menyegarkan? Karena itulah mereka mengadakan eksperimen.

Baca juga: Seperti Apa Sih Rasa Daging Manusia? Secara Ilmiah Bisa Dijelaskan!

2. Mereka memainkan suara air panas dan dingin yang sedang dituang ke gelas dan bertanya pada orang-orang: ini panas atau dingin?

greatist.com

Hasilnya cukup mengejutkan. Sebanyak 96% orang bisa menjawab dengan benar alias membedakan antara air panas atau dingin, hanya dari mendengarkannya. Jadi bisakah kamu mendengar perbedaannya?

Gelas 1, sebagaimana bisa dijawab 80% orang, jawabannya adalah dingin.

Gelas 2, sebagaimana bisa dijawab lebih dari 90% orang, jawabannya adalah panas.

3. Condiment Junkie mencoba untuk mengelompokkan dengan jelas faktor pembeda antara suara air panas dan air dingin yang membuat orang bisa menebak temperaturnya

health.com

Jawabannya tentunya bukan perbedaan antara cangkir dan mug-nya. Ini karena gelas 1 maupun gelas 2 ditempatkan pada wadah yang sama persis.

Baca juga: 7 Alasan Ilmiah Kenapa Gak Akan Ada Serangan Zombie di Dunia

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya