TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

9 Benda Sehari-hari ini Terlihat Sangat Indah di Bawah Mikroskop

Padahal dianggap sepele

lifebuzz.com

Kalau kamu melihat dunia lebih dekat dari biasanya, kamu akan mengetahui bahwa sekelilingmu dipenuhi keajaiban menakjubkan. Bahkan benda yang sudah biasa kamu temukan menyimpan keajaibannya tersendiri. Nah, dari berbagai sumber, 9 benda sehari-hari ini terlihat sangat indah di bawah mikroskop!

1. Pasir

sciencedaily.com

Hamparan pasir yang terdapat padang pasir diketahui menjadi pemandangan paling membosankan bagi kebanyakan orang. Bagaimana gak, pemandangan tersebut dianggap monoton dengan bentangan butiran pasir yang begitu saja bentuknya.

reddit.com

Ternyata ketika diperbesar menggunakan mikroskop, gumpalan pasir itu bentuknya begitu indah. Pasir ternyata merupakan kumpulan pecahan segala benda, bukan hanya batu-batuan kecil. Mulai dari pecahan hewan, plankton, karang, mineral dan masih banyak lagi ada di sana.

2. Aspirin

bayer.com

Bicara soal obat-obatan darurat, aspirin adalah salah satu yang paling sering terdengar. Aspirin digunakan untuk menyelesaikan sakit kepala, karena bisa memberikan rasa ringan pada beberapa area di otak kita.

photoshelter.com

Obat yang tampaknya sederhana ini, ketika diperbesar visualnya menggunakan mikroskop ternyata cantik sekali. Bentuknya jadi seperti bunga di dunia fiksi fantasi.

3. Asbestos

blf.org.uk

Sebagai salah satu bahan konstruksi bangunan, asbes sering menimbulkan banyak masalah. Mulai dari masalah kekuatan infrastruktur sampai masalah kesehatan bisa ditimbulkan oleh asbes.

smithsonianmag.com

Benda yang dianggap bahan bangunan biasa ini, ternyata tampak indah di bawah mikroskop. Serat-seratnya tampak seperti tebaran kristal di gua bawah tanah, di kedalaman bumi.

Baca juga: Elon Musk dan 10 Inovasi Uniknya yang Menggemparkan Dunia

4. Alkohol

en.wikipedia.org

Mulai dari kebutuhan medis sampai menjadi minuman bagi beberapa orang, alkohol adalah salah satu kandungan dari benda sehari-hari di sekitar kita. Alkohol murni memang akan susah dibedakan dengan air biasa, kecuali jika dibaui atau dirasakan.

smithsonianmag.com

Cairan yang tampaknya biasa ini, ternyata terlihat sangat indah di bawah mikroskop lho! Bahkan untuk jenis minuman yang berbeda, motifnya akan berbeda juga tapi sama-sama cantiknya.

5. Obat-obatan terlarang

monospektra.com

Benda buruk yang menyebar luas secara rahasia di masyarakat kita ini memang menjadi permasalahan utama banyak negara. Pemeriksaan ketat dan razia dadakan sering dilakukan untuk menyelesaikannya.

wired.com

Ternyata yang selama ini dilawan oleh pihak berwajib jika dilihat di bawah mikroskop, bentuknya cantik sekali. Rasanya seperti melihat album musik techno atau retro.

6. Zinc Oksida

inoxia.co.uk

Kamu memiliki banyak benda ini di rumah. Memang gak selalu dalam bentuk bahan khusus dalam botol, tapi ini adalah kandungan umum dari berbagai benda di rumahmu mulai dari sereal sampai obat.

framepool.com

Ternyata walaupun terlihat hanya seperti bubuk putih biasa, kenampakan Zinc Oksida di bawah mikroskop sangatlah indah. Bentuknya seperti bunga berwarna ungu yang menyala.

7. Polio

geneticliteracyproject.org

Polio adalah salah satu virus yang merusak hidup banyak orang. Efeknya mulai dari kelumpuhan sampai kematian. Sampai akhirnya ditemukan vaksin polio tahun 1955.

fineartamerica.com

Ternyata kenampakan di bawah mikroskopnya lucu banget. Bentuknya seperti bola bulu pink yang bisa dimain-mainkan. Seakan minta dipeluk. Tapi hati-hati ya, itu tetap virus.

8. Kertas rokok

wisegeek.org

Kamu mungkin gak banyak kepikiran soal kertas. Lagipula itu cuma kertas, mungkin pikirmu apa spesialnya. Ternyata penampakannya di bawah mikroskop, gak sesederhana itu.

pinterest.jp

Kristal-kristal biru adalah bahan tambahan di dalam adonan rokok yang membantu agar ia tetap menyala. Ini karena bahan tersebut melepaskan oksigen ketika dibakar.

Baca juga: Ini Toh Cara Ilmiah Menyembuhkan Luka Tanpa Meninggalkan Bekas

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya