TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Toh Cara Ilmiah Menyembuhkan Luka Tanpa Meninggalkan Bekas

Berdasarkan penelitian terkini

vocativ.com

Wajar jika seseorang mengalami luka minimal sekali seumur hidup dan biasanya luka tersebut akan membekas, baik secara fisik ataupun hanya dalam pikiran. Nah, ternyata luka bisa disembuhkan tanpa meninggalkan bekas fisik. Penelitian terbaru menemukan caranya. Baca selengkapnya di sini!

1. Luka fisik bisa memudar dan menghilang seiring berjalannya waktu, tapi bisa dalam waktu yang sangat lama sekali

bcskincenter.com

Baik itu luka akibat prosedur operasi, gak berhati-hati saat bercukur, terbakar sesuatu ataupun karena kecelakaan saat berkendara, banyak orang berharap luka tersebut menghilang jika mengganggu. Meskipun beberapa tetap membutuhkan bekas luka tersebut sebagai kenang-kenangan. Namun kenyataannya, bekas luka gak semudah itu dihilangkan.

Baca juga: Menurut Ahli Mikrobiologi, Ini Cara Terbaik untuk Mencuci Tanganmu

2. Meskipun masih belum banyak yang bisa dilakukan pada bekas luka yang sudah ada, penelitian terbaru menemukan cara menyembuhkan luka agar menjadi kulit normal

scarformula.com

Dilansir dari sciencealert, yang dimaksud kulit normal di sini adalah kulit hasil regenerasi normal bukan jaringan luka seperti biasanya. Penelitian ini dipimpin oleh George Cotsarelis selaku ketua departemen dermatologi di University of Pennsylvania pada tahun 2017. Maksud dari penelitian ini adalah menemukan cara menyembuhkan luka tanpa meninggalkan bekas.

3. Kalau kamu bertanya kenapa jaringan luka terlihat sangat berbeda dengan kulit biasa, itu karena mereka gak mengandung sel lemak dan folikel rambut

netdoctor.co.uk

Karena itu menurut Cotsarelis, hasil penelitian ini adalah mampu memanipulasi regenerasi kulit. Tipe kulit yang beregenerasi dalam luka ringan/tipis dipenuhi dengan sel lemak yang disebut adipocytes. Ini sama dengan kondisi kulit saat bayi. Ketika kamu mengalami luka ringan, adipocytes akan membuat kulit pada lukamu menyatu kembali dengan kulit sekelilingnya sehingga gak meninggalkan bekas.

dthomas.com

Sementara itu, jaringan luka terbentuk sepenuhnya dari sel yang disebut myofibroblast. Sel myofibroblast gak mengandung sel lemak sama sekali sehingga ketika terluka, kulit pada luka tersebut akan tampak berbeda dan gak menyatu dengan kulit sekelilingnya, sehingga meninggalkan bekas permanen.

Baca juga: Ini Ternyata Cara Cepat untuk Buatmu Mengantuk Saat Susah Tidur

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya