TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mendengarkan Cerita Seram Ternyata Banyak Dampak Positifnya Lho!

Atau membacanya, sama saja

lindsaydaniels.com

Kalau kamu menjelajah internet, kamu akan menemukan banyak sekali cerita-cerita menyeramkan. Untuk Indonesia, kebanyakan cerita seram tersebut berkisar pada hal supranatural terutama makhluk halus. Banyak dari unggahan yang viral merupakan cerita seram.

weshapelife.org

Permasalahannya di sini adalah kenapa kita begitu suka dengan cerita seram? Bahkan jika kadang kita sendiri gak mempercayai cerita tersebut. Atau kenapa kita sangat suka menakuti orang lain? Dilansir dari curiousity.com, berikut ini adalah penjelasan ilmiahnya!

Banyak dari kita merasa gak nyaman misalnya ketakutan setelah mendapatkan cerita seram, tapi itu selalu diikuti perasaan yang sama: "baca/dengar satu lagi dong!".

huffingtonpost.com

Hasil survey penelitian menyebutkan bahwa semakin gak relijius seseorang, maka semakin besar kemungkinan ia percaya adanya alien. Ini diungkapkan dalam jurnal tahun 2014 oleh ahli sosiologi, Joseph Baker dan Christopher Bader.

Baca juga: Kemampuan Supranaturalmu Bisa Meningkat dengan Bantuan 6 Alat Ini

Sebagian besar orang yang menyukai cerita seram ternyata karena mereka tahu itu gak benar, sehingga menikmatinya seperti fiksi.

scifinow.co.uk

Menurut Neil Gaiman selaku salah satu peneliti, rasa takut adalah sesuatu yang menakjubkan, dalam dosis kecil. Ibaratnya ketika kamu naik dalam kendaraan hantu menuju ke kegelapan, kamu tahu pada akhirnya kamu akan tetap melangkah keluar darinya menuju cahaya terang. Namun pengalaman naik dalam kendaraan hantu itu akan tetap berbekas terus padamu untuk diceritakan pada orang lain.

Alasan seseorang menyukai cerita seram itu berbeda tergantung apakah mereka percaya dengan yang mereka dengar/baca, meragukannya atau gak sama sekali.

youtube.com

Membuat dirimu sendiri ketakutan dengan sengaja bisa memberikan rasa puas, bahkan akan menimbulkan respon fisiologis nyata lainnya. Menurut Astara March yang diwawancarai untuk Inside Science, rasa takut menimbulkan banjir adrenalin ke sistem tubuhmu, yang gak bisa kamu hindari. Terlepas dari apakah kamu mempercayai cerita tersebut atau gak, inilah penyebab utama banyak orang menyukai cerita seram.

Baca juga: 10 Kemampuan Supranatural yang Hebat, Tapi Sangat Menyiksa

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya