TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ternyata Komputer Bisa Mengidentifikasi Gendermu Berdasarkan Gaya Mengetikmu

Kelihatan banget ya?

youtube.com/AFL CS

Teknologi memang makin canggihnya bukan main. Kemajuannya yang memungkinkan alat untuk mendeteksi karakteristik penggunanya sekarang bahkan telah bisa diaplikasikan melalui keyboard. Ya, cara mengetikmu bisa menggambarkan siapa kamu, terutama dari jenis kelaminnya lho. Kok bisa? Dilansir dari iflscience, baca selengkapnya di sini ya!

Baca juga: Para Peneliti Menemukan Cara untuk Mengubah Kotoran Manusia Jadi Makanan

1. Berbagai model komputer terkini bisa menebak jenis kelaminmu berdasarkan kebiasaan mengetikmu, dengan tingkat akurasi 95%

dhc-pc.com

Penemuan ini didapatkan berdasarkan penelitian investigasi digital yang terbaru. Gak hanya kamera yang bisa mendeteksi jenis kelaminmu atau bahkan memprediksi usiamu.

Teknik pada keyboard ini disebut dengan “keystroke dynamics” atau dinamika penekanan tombol. Caranya adalah dengan mengukur biometrika perilaku, yang sederhananya adalah apa yang kamu lakukan pada keyboard tersebut.

2. Cara kerjanya hampir sama dengan fitur pembacaan wajah pada kamera, tapi dengan aspek pengukuran yang berbeda

techemergence.com

Pada kamera atau mayoritas media sosial saat ini, mereka akan menggunakan “template” khusus pada foto yang memiliki tagmu. Sedangkan program pengetikan ini akan membaca gerakan jari pada keyboardmu.

Setiap kali seseorang mengetik, puluhan ribu fitur akan menyimpan dan membagikan informasi tentang orang seperti apa kamu. Yang diukur misalnya flight time, yaitu rentang waktu antar tombol yang kamu tekan, atau bisa juga dwell time, yaitu lamanya kamu menekan tombol tertentu.

Program komputer seperti TypingDNA dan ID Control bahkan membaca faktor seperti berapa banyak kesalahan mengetik yang kamu lakukan, berapa sering kamu menekan tombol ALT/CTRL/SHIFT atau berapa banyak kata yang kamu hapus. Program bernama “ISqueezeU” digunakan para ahli untuk meneliti ini.

Baca juga: Lilium Jet: Saatnya Kita Sambut Era Mobil Terbang Elektrik

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya