TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Menentukan Sumbu Simetri dan Nilai Optimum dalam Matematika

Yuk, belajar fungsi kuadrat

ilustrasi menjabarkan rumus matematika (flickr.com/Marco Verch Professional Photographer)

Apakah kamu pernah belajar tentang sumbu simetri dan nilai optimum dalam matematika? Yup, pada dasarnya, keduanya sering digunakan untuk penghitungan persamaan atau fungsi kuadrat. Kendati demikian, penerapan rumus sumbu simetri dan nilai optimum dalam matematika sering menjadi momok tersendiri bagi banyak orang awam.

Jadi, sebetulnya apa yang dimaksud dengan sumbu simetri dan nilai optimum itu? Nah, agar gak terlalu bingung dengan rumusan tersebut, kamu bisa simak artikel ini.

1. Mengenal sumbu simetri

ilustrasi sumbu simetri (wikimedia.org/Melikamp)

Dijelaskan dalam laman Cuemath, sumbu simetri bisa diartikan sebagai garis lurus yang dapat membentuk sebuah benda menjadi simetris atau sama besar. Benda atau bidang yang memiliki sumbu simetri dapat dibagi menjadi dua bagian secara imbang. Nah, dalam fungsi kuadrat dan matematika, sumbu simetri sering digunakan sebagai batas imajiner atau garis pencerminan.

Sumbu simetri juga dapat dihitung berdasarkan bentuknya, misalnya bentuk standar dan bentuk simpul. Dalam bentuk standar, rumus persamaan dari sumbu simetri adalah x = -b/2a. Sementara itu, bentuk simpul memiliki persamaan x = h. Contoh soal yang berhubungan dengan sumbu simetri bisa dilihat di bawah ini:

Temukan sumbu simetri persamaan kuadrat y = x2 - 4x + 3. Dari soal ini, kita akan mendapatkan jawaban dan penjabarannya sebagai berikut: Diketahui y = x2 - 4x + 3, jika x = -b/2a, maka x = -(-4)/2(1) dan hasil dari x adalah 4/2 atau 2. Jadi, sumbu simetri persamaan y = x2 - 4x + 3 adalah x = 2.

Baca Juga: Apa Itu Vektor Matematika? Ini Dia Penjelasannya!

Verified Writer

Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya