TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Sederhana Ini Bisa Membuatmu Bahagia Menurut Sains

#Sainseru Karena bahagia itu sederhana

Pexels/freestocks.org

Kebahagiaan memang tidak memiliki wujud yang nyata, namun hal ini sangat bernilai penting bagi kehidupan. Pentingnya peranan kebahagiaan bahkan telah diakui dunia hingga menjadikan tanggal 20 Maret sebagai Hari Kebahagiaan Internasional.

Banyak hal sederhana yang bisa menciptakan perasaan bahagia, di antaranya 5 hal di bawah ini. Apakah salah satunya sering kamu lakukan?

1. Rajin bersosialisasi

unsplash.com/rawpixel

Berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Amal Inggris, Age UK, mengungkapkan bahwa rajin bersosialisasi adalah salah satu cara untuk tetap berbahagia seiring dengan bertambahnya usia.

Setelah melakukan pengamatan pada 15.000 orang yang berusia 60 tahun ke atas, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa dengan melibatkan diri ke dalam kegiatan sosial sangat efektif untuk meningkatkan perasaan bahagia dan kesejahteraan individu tersebut.

2. Mendengarkan musik yang pernah ada di waktu terbahagia yang pernah kalian alami

unsplash.com/juan pablo rodriguez

Musik dapat berpengaruh langsung ke dalam suasana hati kita dan hal itu di benarkan oleh sains. Menurut seorang peneliti posdoctoral di Universitas California, Alex Korb, mendengarkan musik yang pernah ada di momen paling bahagia di hidup saat sedih, akan membuat kita berada pada masa bahagia tersebut dan terhubung kembali dengan kenangan indah di dalamnya.

Baca Juga: 4 Olahraga Mudah Untuk Dapatkan Perut Six-Pack ala Jojo

3. Jangan berdiam diri, terus bergerak

unsplash.com/Bruce mars

Sebuah penelitian di Inggris tahun 2017 lalu melakukan sebuah pengamatan pada 10.000 peserta untuk berolahraga sekalipun dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Kemudian mereka mendapatkan hasil yang tidak disangka-sangka, para peserta mengaku mengalami peningkatan suasana hati menjadi lebih bahagia setelah berolahraga.

4. Merencanakan liburan

unsplash.com/rawpixel

Berdasarkan Global Survey yang melibatkan 17.000 orang dan dilakukan pada tahun 2016 oleh situs booking.com, menemukan fakta unik yaitu hanya dengan merencanakan liburan saja sudah bisa menciptakan perasaan bahagia. Apalagi perasaan itu akan bertambah jika kita benar bisa mewujudkannya untuk segera pergi berlibur.

Baca Juga: Ini 6 Kebiasaan Orang-orang di Negara Paling Bahagia Sedunia

Verified Writer

Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya