TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sebabkan Kecacatan Pada Otak, Virus West Nile Mirip dengan Zika!

#SainsSeru Apa sih sebenarnya virus West Nile itu?

theguardian.com

Virus Zika menjadi perbincangan hangat di dunia kesehatan sejak tahun 2015, dimana virus ini telah menginveksi lebih dari 1,5 juta ibu hamil di Brasil. Tidak tanggung-tanggung virus Zika yang menginfeksi ibu hamil berisiko melahirkan bayi dengan kepala kecil abnormal yang disebut microchephaly. Setelah heboh dengan virus Zika, kini para ilmuan juga menemukan bahwa virus bernama West Nile yang ternyata juga dapat menyebabkan kecacatan otak.

1. Virus yang mirip dengan Zika

sciencedaily.com

Penelitian baru yang dilakukan oleh University School of Medicine di St.Louis mengungkapkan bahwa ada 2 virus baru yang ditemukan mirip dengan Zika, kedua virus tersebut adalah West Nile dan Powassan. West Nile kemungkinan dapat menimbulkan risiko yang sama dengan Zika. Dalam penelitian yang dilakukan dengan tikus hamil menunjukkan bahwa West Nile dan Powassan dapat menginfeksi janin sehingga menyebabkan kecacatan otak dan juga dapat menyebabkan kematian pada janin.

2. Jumlah korban yang terkena virus West Nile

americanpregnancy.org

West Nile termasuk kedalam keluarga flavivirus. West Nile menginfeksi ribuan orang setiap tahunnya di Amerika Serikat. Orang yang terserang virus West Nile di Amerika Serikat kebanyakan tidak menyadarinya. Infeksi virus West Nile akan mengancam keselamatan dan juga menyebabkan permasalahan neurologis yang berkelanjutan.

Verified Writer

lia faiqotul muniroh

Kreatif, Inovatif, Mandiri, Menyenangkan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya