TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa Itu Sesar Aktif? Ini Penjelasan Sains

Menjadi pemicu gempa di Pulau Bawean

ilustrasi dampak gempa (unsplash.com/Jens Aber)

Intinya Sih...

  • Gempa di Pulau Bawean menimbulkan kerusakan di Surabaya dan Sidoarjo.
  • Gempa ini merupakan jenis gempa kerak dangkal atau shallow crustal earthquake.
  • Sesar aktif adalah celah di permukaan bumi di mana dua lempeng tektonik bertemu dan saling bergeser.

Gempa yang terjadi di Pulau Bawean, Jawa Timur pada 22 Maret 2024 telah menimbulkan kerusakan di beberapa wilayah sekitarnya, termasuk Surabaya dan Sidoarjo.

Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Minggu (24/3/2024), gempa ini merupakan jenis gempa kerak dangkal atau shallow crustal earthquake.

Jenis gempa ini dipicu oleh aktivitas sesar aktif dengan mekanisme geser/mendatar (strike-slip). Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan sesar aktif?

Disebabkan oleh pergerakan lempeng tektonik

Ilustrasi kerak bumi (Wikimedia Commons/USGS)

Dilansir laman Seismofaults, sesar aktif adalah celah di permukaan bumi di mana dua lempeng tektonik bertemu dan saling bergeser. Lempeng tektonik adalah potongan besar kerak bumi yang bergerak di atas lapisan mantel yang lebih dalam.

Ketika lempeng ini bergerak, tekanan yang terakumulasi sering kali menyebabkan gesekan dan ketegangan di sepanjang batas lempeng tersebut. Ahli geologi mendefinisikan sebuah sesar sebagai "sesar aktif" bila sudah terjadi pergerakan yang diobservasi atau bukti aktivitas seismik selama 10.000 tahun terakhir. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya