TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dominasi Olimpiade, Ribuan Atlet Tiongkok Dituduh Doping

"Jika menolak doping, kamu harus tinggalkan tim."

ANTARA FOTO/REUTERS/Jason Lee

Sudah bukan rahasia lagi jika Tiongkok hampir pasti mendominasi setiap kompetisi olahraga, termasuk olimpiade. Namun, rekor itu harus dicederai oleh klaim dari Xue Yinxian, seorang mantan dokter untuk tim Olimpiade Tiongkok. Ia menyebut ada ribuan atlet lakukan doping dalam sejak 1980-an hingga 1990-an.

Baca juga: Mengejutkan, Sepertiga Atlet Cabang Olahraga Ini Pakai Doping

Xue dipecat karena menolak memakai obat doping terlarang.

ANTARA FOTO/REUTERS/Jason Lee

Klaim tersebut diucapkan oleh Xue kepada media Jerman. Dikutip dari Deutsche Welle, Xue mengklaim itu adalah skema doping sistematik yang diwajibkan oleh pemerintah. "Ada lebih dari 10.000 orang yang terlibat. Seluruh medali internasional yang dimenangkan atlet Tiongkok pada masa itu seharusnya ditarik kembali," ujar Xue.

Sebelumnya, pemerintah Tiongkok meyakinkan publik bahwa tak ada atlet mereka yang menggunakan obat-obatan tertentu untuk meningkatkan performa. Xue sendiri dipecat ketika Tiongkok mengikuti Olimpiade Korea Selatan pada 1988.

Pemecatan tersebut dilatarbelakangi penolakannya untuk menggunakan sebuah obat doping terlarang. Pada 2012, Xue yang kini berusia 79 tahun pernah membeberkan praktik doping di Tiongkok kepada media Australia, Sydney Morning Herald.

Baca juga: Olimpiade Terindikasi Korupsi, Bantuan untuk Brasil Dihentikan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya