TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PR Besar Pasca PON XX Papua: Rawat Venue Internasional

Menpora tidak ingin venue PON Papua terbengkalai

Petenis Papua, Priska Madelyn Nugroho dalam pertandingan PON XX Papua di lapangan tenis Sian Soor Kantor Walikota Jayapura. (Foto : PB PON XX PAPUA 2021)

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memiliki harapan besar setelah gelaran PON Papua 2021. Dia ingin, venue-venue yang sudah dibangun dengan dana besar di Papua bisa terjaga dengan baik.

Alhasil, Zainudin mengingatkan pemerintah daerah harus kreatif dalam merawat venue eks PON Papua 2021. Salah satu cara yang dia sarankan adalah membentuk badan pengelola yang bertanggung jawab untuk merawat venue-venue supaya tidak terbengkalai.

"Fasilitas olahraga yang mewah itu tentu tidak murah. Maka kreativitas pemerintah daerah sangat dibutuhkan. Perlu integrasi sarana olahraga dan fasilitas penunjang lainnya," kata Zainudin dalam keterangan resminya, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Atlet Jateng Siap-siap Jalani Karantina Pulang dari PON XX Papua 

1. Zainudin contohkan pengelolaan GBK

Stadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Zainudin mencontohkan pengelolaan seperti Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta. Kompleks olahraga tersebut berdekatan dengan pusat perbelanjaan, hotel, dan lainnya. Alhasil, sampai sekarang, GBK tetap ramai kendati belum ada lagi event berskala internasional yang digelar di sana.

"Artinya, pemerintah daerah harus kreatif dan menggandeng perencana yang baik tentang bagaimana pengelolaan. Kalau sendiri tidak kuat, bahkan dibeberapa tempat ada yang bayar listrik saja sudah tidak kuat," ujar Zainudin.

2. Harus berani gandeng mitra

Stadion Atletik di Mimika, Papua. (ANTARA/Evarianus Supar)

Zainudin mengungkapkan, Pemprov Papua juga tidak perlu segan mengundang mitra yang bisa mengerjakan pengelolaan venue, tentunya di bawah pengawasan. Tidak cuma di Jayapura, venue-venue lain di Merauke dan Mimika juga harus tetap dijaga.

"Tidak hanya venue yang di Jayapura, Merauke dan Mimika juga demikian. Saya tentunya juga mendorong agar cabang olahraga melaksanakan kegiatan di sini minimal Kejurnas, atau bahkan event internasional agar bisa terawat dengan baik," ujar Zainudin.

Baca Juga: Tangis Legenda Papua Usai Berjaya di Sepak Bola PON

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya