TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar Kapten Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Sejak 1930-2022

Harus pandai jaga emosi diri dan rekan se-tim

Hugo Lloris sebagai kapten juara Piala Dunia (twitter.com/FIFAWorldCup)

Jakarta, IDN Times - Selain penjaga gawang dan pencetak gol, kapten merupakan salah satu pemain yang kerap mendapatkan sorotan dalam ajang Piala Dunia. Menariknya, selalu ada pemain yang didapuk sebagai kapten juara Piala Dunia dalam setiap pesta sepak bola terakbar di dunia ini.

Kapten tim nasional (timnas) dituntut untuk mampu mengontrol emosi diri dan rekan satu tim muncul permasalahan saat pertandingan berlangsung. Permasalahan teknis maupun non-teknis di lapangan juga harus bisa segera dipecahkan oleh kapten.

Adapun kapten pertama yang memperoleh titel kapten juara Piala Dunia ialah Jose Nasazzi dari Timnas Uruguay yang menang di kandang sendiri. Titel ini selanjutnya otomatis diperoleh bila timnas yang dibela keluar sebagai juara Piala Dunia.

Penasaran siapa saja kapten juara Piala Dunia dari masa ke masa? Yuk simak daftarnya di bawah ini.

Baca Juga: Lirik dan Makna Lagu Resmi Piala Dunia 2022 Hayya Hayya

1. Kapten termuda dan tertua Piala Dunia

Essam El-Hadary sebagai kapten tertua Piala Dunia (twitter.com/433)

Sejak diadakannya Piala Dunia pada tahun 1930, ada pemain yang terpilih sebagai kapten termuda dan tertua Piala Dunia. Hingga kini, rekor kapten termuda dipegang oleh Tony Meola, kiper Amerika Serikat.

Meola memimpin rekan-rekannya melawan Cekoslowakia pada fase Grup A Piala Dunia 1990 di Italia saat berusia 21 tahun 109 hari. Sayang, perjuangan Meola dan timnya harus kandas dengan skor 1-5 dari Cekoslowakia.

Adapun titel kapten tertua jatuh pada Essam El-Hadary, eks kiper timnas Mesir. Selain kapten tertua, El-Hadary juga didapuk sebagai pemain tertua yang berlaga di Piala Dunia dengan usia 45 tahun 160 hari. Kiper kelahiran tahun 1973 ini menorehkannya ketika Mesir melawan Arab Saudi di laga pamungkas Grup A Piala Dunia 2018 di Rusia.

Baca Juga: 22 Tuan Rumah Piala Dunia dari Masa ke Masa, Terbaru di Qatar!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya