5 Pembalap Ini Punya Kans Rebut Gelar Juara Dunia Moto2 2022

Selisih poin antar pembalap sangat tipis!

Deru mesin motor-motor di ajang kompetisi MotoGP akan kembali terdengar beberapa hari ke depan di Sirkuit Silverstone, Inggris (7/8/2022). Para pembalap akan kembali beradu sikut di atas lintasan mengejar titel juara dunia 2022.

Hal tersebut pun berlaku di kelas Moto2. Bahkan, jika dibandingkan dengan kelas utama MotoGP, persaingan di kelas Moto2 cenderung lebih panas. Sebab, selisih poin antara para pembalap sangat tipis. 

Tidak ada pembalap yang mendominasi. Meski begitu, tiga nama seperti Celestino Vietti, Augusto Fernandez, dan Ai Ogura, bisa dibilang cukup konsisten mengarungi kompetisi Moto2 2022. Ada lima nama pembalap yang berpotensi meraih gelar juara dunia Moto2 2022, siapa saja?

1. Ai Ogura 

5 Pembalap Ini Punya Kans Rebut Gelar Juara Dunia Moto2 2022Ai Ogura (instagram.com/aiogura79)

Nama Ai Ogura kerap dikaitkan dengan kompetisi kelas utama MotoGP 2023. Ia digadang-gadang akan menggantikan Takaaki Nakagami di tim LCR Honda Idemitsu musim depan. 

Hal itu dikaitkan dengan konsistensinya musim 2022 di kelas Moto2. Dari sebelas balapan musim ini, Ogura berhasil mengemas 1 kemenangan di Sirkuit Jerez, Spanyol. 

Selain itu, ia pun sudah mengemas 2 kali podium kedua dan 2 kali podium ketiga. Berkat raihan tersebut, Ogura menempati urutan ketiga klasemen sementara Moto2 dengan 145 poin.

2. Augusto Fernandez 

5 Pembalap Ini Punya Kans Rebut Gelar Juara Dunia Moto2 2022Augusto Fernandez (instagram.com/augustofernandez37)

Nama Augusto Fernandez tidak terdengar hingga enam seri pertama. Kemenangan Fernandez di Sirkuit Le Mans, Prancis, menandai kebangkitan pembalap Spanyol itu dalam perebutkan gelar juara dunia Moto2. 

Pada lima balapan terakhir, Fernandez berhasil mengemas 3 kemenangan dan 1 kali podium ketiga. Raihan itu menempatkan pembalap bernomor 37 itu di urutan kedua klasemen pembalap di bawah Celestino Vietti. 

Baca Juga: 10 Potret Celestino Vietti, Murid Valentino Rossi di Kelas Moto2

3. Celestino Vietti 

5 Pembalap Ini Punya Kans Rebut Gelar Juara Dunia Moto2 2022Celestino Vietti (instagram.com/_celin13_)

Performa Celestino Vietti musim 2022 tidak bisa dianggap remeh. Anak didik Valentino Rossi itu juga memiliki raihan kemenangan yang sama dengan Augusto Fernandez, yakni tiga kemenangan.

Meski berada di atas Fernandez dalam klasemen pembalap, Vietti harus bersiap disalip Fernandez jika sekali waktu melakukan kesalahan. Sebab, raihan poin kedua pembalap itu sama yaitu 146 poin. Vietti tidak punya kesempatan lagi untuk melakukan kesalahan jika ingin tetap mempertahankan statusnya sebagai pemuncak klasemen. 

4. Aron Canet 

5 Pembalap Ini Punya Kans Rebut Gelar Juara Dunia Moto2 2022Aron Canet (instagram.com/aroncanet)

Meski ketiga pembalap dimuka mendominasi geralan Moto2 pada paruh pertama musim 2022. Mereka bertiga harus mewaspadai sosok Aron Canet yang menempati posisi keempat klasemen sementara.

Meski melewati GP Assen bulan Juni lalu, selisih raihan poin Canet dengan ketiga pembalap di atasnya hanya 30 poin. Dengan sisa sembilan balapan musim 2022, bukan mustahil baginya menyalip titel gelar juara dunia 2022.

5. Tony Arbolino 

5 Pembalap Ini Punya Kans Rebut Gelar Juara Dunia Moto2 2022Tony Arbolino (instagram.com/tony_arbolino)

Nama Tony Arbolino pun patut diperhitungkan. Penampilannya musim ini terbilang cukup apik walaupun tidak terlalu konsisten jika dibandingkan dengan empat pembalap di atas.

Meski begitu, ia berhasil mencicipi kemenangan pertamanya selama berkarier di kelas Moto2. Kesempatan tersebut ia raih di COTA, Amerika Serikat. Ada juga podium ketiga di Sirkuit Jerez, Spanyol. Saat ini, Arbolino bercokol di urutan kelima klasemen dengan total 104 poin.

 

Begitulah peta persaingan gelar juara dunia Moto2. Banyak hal tak terduga. Di kelas intermediate para pembalap muda saling beradu sikut demi masa depan karier yang lebih cemerlang. Siapa jagoan kamu?

Baca Juga: Drama Moto2 Amerika: Celestino Vietti Terjatuh, Toni Arbolino Menang

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya