Comscore Tracker

Belum Lama di PSM, Darije Kalezic Diincar oleh Tim Eredivisie Belanda

Masuk di antara 30 kandidat manajer baru De Graafschap

Makassar, IDN Times - Belum genap setengah tahun bersama PSM Makassar, Darije Kalezic sudah dibidik oleh salah satu klub Eredivisie, kasta teratas liga sepakbola negeri Belanda. Menurut berita yang dilansir laman Omroep Gelderland pada Senin (6/5) pekan lalu, Kalezic masuk dalam daftar kandidat pelatih De Graafschap.

Sosok kelahiran Swiss tersebut adalah salah satu dari lima nama yang mencuat sebagai suksesor pelatih De Graafschap. Sang juru taktik mereka saat ini, Henk de Jong, sudah memastikan diri hengkang begitu musim 2018/2019 rampung.

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

1. Darije Kalezic bukanlah sosok asing di jajaran kepelatihan De Graafschap

Belum Lama di PSM, Darije Kalezic Diincar oleh Tim Eredivisie BelandaIDN Times / Aan Pranata

Hubungan antara Kalezic dan De Graafschap sebetulnya sudah pernah terjalin. Di pengujung karier sebagai pemain profesional, klub berjuluk Superboeren alias Super Farmers tersebut diperkuatnya selama dua musim. Selama berseragam biru-putih dari tahun 2004-2006, ia tampil sebagai salah satu tembok di lini belakang belakang dalam 24 laga. Sebiji gol berhasil diciptakannya.

Banting setir ke dunia kepelatihan, De Graafschap pula yang menjadi batu loncatan pertamanya sebagai juru taktik. Tercatat, Kalezic menjadi pelatih tim muda dari 2006-2008, sebelum naik pangkat menjadi asisten manajer tim utama di musim 2008/2009.

Baca Juga: Darije Kalezic: PSM Nervous Kala Tampil di Kompetisi Asia

2. Bersama Super Farmers, Kalezic meraih trofi juara Eerste Divisie musim 2009/2010

Belum Lama di PSM, Darije Kalezic Diincar oleh Tim Eredivisie BelandaIDN Times / Istimewa

Pada 25 Februari 2009, pria 49 tahun tersebut kemudian ditunjuk sebagai manajer interim setelah manajer sebelumnya, yakni Henk van Stee, didepak lantaran rentetan hasil buruk. Kendati De Graafschap harus turun kasta di akhir musim 2008/2009, Kalezic tetap menjabat sebagai nakhoda tim.

Pada 2009/2010, ia mengantar De Graafschap kembali ke Eredivisie dengan status juara Eerste Divisie. Namun, klub yang bermarkas di kota Doetincheim itu harus berkutat di papan bawah semusim berselang. Kendati selamat dari ancaman degradasi dengan finis di posisi 14 klasemen akhir musim, Kalezic memilih hengkang.

3. Kalezic hanya satu dari total 30 kandidat pelatih

Belum Lama di PSM, Darije Kalezic Diincar oleh Tim Eredivisie BelandaInstagram.com/psm_makassar

Selain Kalezic terdapat sejumlah nama lain, seperti Andries Ulderink (eks manajer klub Inggris, Reading FC), Ruud Brood (mantan asisten pelatih PSV Eindhoven), serta Peter Hyballa yang pernah mengasuh Borussia Dortmund U-19.

"Kami tak terburu-buru. Tapi semakin cepat menunjuk manajer baru, semakin bagus. Kami sudah mengantongi sejumlah nama, ada sekitar 30 kandidat. Banyak di antaranya yang sudah bekerja untuk De Graafschap di masa lalu," pungkas manajer teknis De Graafschap, Peter Hofstede.

De Graafschap sendiri tertatih-tatih di Eredivise musim ini. Sisakan satu partai krusial, mereka masih berjuang lepas dari zona degradasi setelah tertahan di posisi ke-16 klasemen sementara.

Baca Juga: Baru 5 Bulan di PSM, Darije Kalezic Dilirik Klub Eredivisie Belanda

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You