TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

49 Suporter Sepakbola Tewas dalam 10 Tahun Terakhir

BOPI ancam membekukan sepakbola Indonesia!

Instagram/@infokomjakmania

Jakarta, IDN Times - Meninggalnya suporter Persija Jakarta Haringga Sirla akibat dianiaya pendukung Persib Bandung, menambah catatan kelam deretan suporter sepakbola meninggal dunia.

Dalam rilis yang dikeluarkan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), terdapat 49 suporter sepakbola tewas dalam satu dekade terakhir.

Baca Juga: Save Our Soccer: Pengeroyokan Suporter Persija Lebih Keji dari G30S

1. Suporter meninggal terbanyak pada 2012

Instagram/@infokomjakmania

Tahun paling mencekam dalam dunia sepakbola akibat meninggalnya suporter terjadi pada 2012. Sebanyak 12 suporter tewas akibat berbagai tindakan tak terpuji, seperti bentrok antar suporter dan pengeroyokan. Lima di antaranya bahkan tewas dilempar batu di dalam kereta.

2. Tahun 2009 tidak ada suporter meninggal

Instagram/@persib_official

Litbang Save Our Soccer mencatat dalam satu dekade terakhir hanya pada 2009 Indonesia tak terdengar kabar duka mengenai kematian suporter.

Setelah itu, daftar panjang suporter meninggal terus mengalami peningkatan, hingga mencapai puncak tertingginya pada 2012.

3. BOPI mengancam membekukan sepakbola Indonesia

Instagram/@bobotohsaindonesia

Meninggalnya anggota The Jakmania membuat BOPI memberi ultimatum pada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Dalam waktu sepekan, keduanya harus bisa menyelesaikan masalah ini dengan cara konkret agar tak terulang kembali kejadian itu.

“Jika PSSI dan PT LIB gagal dalam sepekan, BOPI akan mempertimbangkan pemberhentian sementara kompetisi sepakbola Tanah Air,” demikian seperti dikutip dari rilis yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Suporter Persija Tewas Dikeroyok, Tsamara: PSSI Harus Evaluasi!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya