3 Kemenangan Terakhir Dortmund atas Real Madrid di Liga Champions

Sejarah apik bagi Dortmund

Borussia Dortmund dan Real Madrid akan berduel di babak final Liga Champions Eropa 2023/2024. Dortmund yang tidak diunggulkan sama sekali secara mengejutkan mampu melaju sampai final dengan mengalahkan klub-klub besar macam AC Milan, PSV Eindhoven, Atletico Madrid, dan Paris Saint-Germain (PSG). Sementara itu, Real Madrid yang dikenal sebagai raja Eropa menunjukkan kelasnya dengan menyingkirkan favorit juara, seperti Manchester City dan Bayern Muenchen.

Secara materi pemain, media dan fans lebih banyak mengunggulkan Real Madrid daripada Dortmund. Namun, Die Borussen beberapa kali menyulitkan Real Madrid ketika bertemu di Liga Champions Eropa. Mereka menunjukkannya dengan meraih 3 kemenangan dalam 14 kali bertemu Real Madrid di Liga Champions Eropa.

Torehan tiga kemenangan tersebut tentu patut diwaspadai Real Madrid menjelang final Liga Champions Eropa pada 2 Juni 2024 mendatang.

1. Dortmund mengalahkan Real Madrid 2-1 pada babak grup UCL 2012/2013

3 Kemenangan Terakhir Dortmund atas Real Madrid di Liga ChampionsPara pemain Dortmund merayakan kemenangan 2-1 atas Real Madrid. (uefa.com)

Borussia Dortmund berada dalam satu grup dengan Real Madrid pada UCL 2012/2013. Duel ini merupakan pertemuan antara juara Bundesliga dan LaLiga Spanyol 2011/2012. Manajer Dortmund kala itu, Juergen Klopp, memainkan para pemain terbaiknya, seperti Robert Lewandowski, Mario Gotze, dan Marco Reus.

Di sisi lain, Real Madrid juga menurunkan para bintangnya, macam Cristiano Ronaldo, Angel Di Maria, dan Karim Benzema. Dortmund unggul terlebih dahulu melalui Lewandowski pada menit ke-36. Cristiano Ronaldo langsung membalasnya 2 menit kemudian. Die Borussen berhasil unggul lagi atas Real Madrid lewat sepakan kaki kiri Marcel Schmelzer pada menit ke-64. Skor 2-1 untuk kemenangan Dortmund bertahan sampai laga berakhir.

2. Dortmund menang 4-1 atas Real Madrid pada leg pertama semifinal UCL 2012/2013

3 Kemenangan Terakhir Dortmund atas Real Madrid di Liga ChampionsRobert Lewandowski (kanan) mencetak empat gol ke gawang Real Madrid. (bundesliga.com)

Borussia Dortmund bertemu Real Madrid untuk kedua kalinya pada 2012/2013. Mereka kali ini berduel di babak semifinal. Dortmund bertindak sebagai tuan rumah terlebih dahulu pada leg pertama. Real Madrid yang diunggulkan memainkan bintang andalannya, seperti Cristiano Ronaldo, Xabi Alonso, dan Mesut Oezil. Di sisi lain, Dortmund masih mengandalkan Robert Lewandowski, Marco Reus, dan Mario Gotze di lini depan.

Lewandowski mencetak gol pertama dengan cepat pada menit ke-8. Ronaldo berhasil membalasnya pada menit ke-43. Laga ini menjadi panggung bagi Lewandowski dengan mencetak tiga gol ke gawang Real Madrid pada babak kedua. Ia menjadi pemain Dortmund pertama yang menorehkan quattrick di semifinal Liga Champions Eropa. Alhasil, Dortmund menang 4-1 atas Real Madrid dalam pertandingan ini.

3. Dortmund unggul 2-0 kontra Real Madrid pada perempat final UCL 2013/2014

3 Kemenangan Terakhir Dortmund atas Real Madrid di Liga ChampionsPierre-Emerick Aubameyang (kiri) dan Marco Reus (kanan) (uefa.com

Borussia Dortmund menghadapi lawan berat Real Madrid pada babak perempat final UCL 2013/2014. Die Borussen kalah terlebih dahulu dengan skor 0-3 di Santiago Bernabeu pada leg pertama perempat final Liga Champions Eropa pada 2013/2014. Alhasil, Dortmund harus menang dengan minimal mencetak empat gol tanpa dibalas.

Mereka hampir saja melakukan comeback heroik setelah Marco Reus mencetak dua gol pembuka bagi Dortmund. Namun, Real Madrid berhasil bekerja keras dalam memperahankan wilayah pertahanannya sehingga tidak ada lagi gol tercpita. Sayangnya, kemenangan Dortmund 2-0 atas Real Madrid tidak berarti apapun. Pasalnya, Die Borussen wajib menang dengan mencetak minimal empat gol tanpa dibalas agar lolos ke semifinal.

Ketiga kemenangan di atas bisa menjadi motivasi bagi pemain Dortmund dalam persiapannya menuju final Liga Champioins pada 2023/2024. Real Madrid yang diisi penuh pemain bintang dan mahal dijagokan untuk meraih gelar juara UCL yang ke-15. Namun, Dortmund tidak bisa diremehkan karena memiliki skema counter attack yang cukup mematikan. Menarik melihat bagaimana jalannya kedua klub ini berduel di babak final 1 Juni 2024 mentandang.

Baca Juga: Dortmund dan Leverkusen Lagi di Final Liga Champions dan Liga Europa

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya