TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Ganti Baterai iPhone Sendiri, Bisakah? Ini Solusinya

Ada risiko besar di baliknya

ilustrasi baterai iPhone (pexels.com/Rann Vijay)

Meskipun dikenal sebagai HP kelas atas, tapi iPhone sama seperti HP pada umumnya. Performa HP maupun baterainya bisa menurun seiring berjalannya waktu.

Performa baterai iPhone yang menurun kadang mendorong seseorang untuk menggantinya sendiri. Sering kali, alasan bujet menjadi faktor utama. Namun, benarkah cara ganti baterai iPhone sendiri memungkinkan?

Jangan langsung mengganti baterai iPhone ya, Guys. Sebaiknya perhatikan beberapa hal ini dulu.

Baca Juga: 12 Cara Menaikkan Battery Health iPhone agar Optimal Lagi

Risiko mengganti baterai iPhone sendiri

potret baterai iPhone (apple.com)

Cara ganti baterai iPhone sendiri telah banyak dibocorkan di internet. Kamu bisa mengikuti tutorialnya satu per satu. Berikut cara gantinya:

  1. iPhone harus dalam kondisi mati
  2. Buka penutup belakang
  3. Lepas sekrup di sebelah kanan baterai
  4. Ganti baterai iPhone > pasang penutup belakang iPhone lagi
  5. Nyalakan iPhone untuk mengeceknya.

Sayangnya, sebagian besar iPhone sudah menggunakan sistem baterai tanam. Baterai gak bisa dilepas-pasang kembali. Jadi, kamu gak bisa menggantinya sendiri. Dibutuhkan petugas Apple resmi untuk melakukannya. 

Selain itu, mengganti baterai iPhone sendiri sangat berisiko. Komponen iPhone akan rusak atau bisa jadi garansi yang kamu miliki akan hangus. Oleh sebab itu, sebaiknya cari cara ganti baterai iPhone dengan metode lain.

Cara ganti baterai iPhone lewat Apple Store

ilustrasi daya baterai iPhone (freepik.com/rawpixel.com)

Daripada cara ganti baterai iPhone sendiri yang penuh risiko, bawa iPhone ke Apple Store terdekat. Cara ini terbilang lebih aman. Sebab, Apple menyediakan layanan baterai termasuk mengganti baterai dengan baru.

Dilansir Apple, kamu hanya perlu memberikan biaya layanan saja. Jika ingin lebih ramah kantung, gunakan garansi yang masih berlaku. Namun, garansi tersebut biasanya tidak bisa digunakan bila baterai aus akibat pemakaian normal.

Apabila memenuhi syarat, penggantian baterai bisa tanpa biaya tambahan. Salah satu syaratnya adalah kamu mempunyai AppleCare+ dan baterainya kurang dari 80% dari kapasitas asli.

Kunjungi layanan resmi Apple atau Apple Store untuk buat jadwal kedatangan. Lalu, datang ke Apple Store untuk konsultasi dan proses penggantian baterai.

Baca Juga: 5 Penyebab Battery Health iPhone Turun yang Jarang Disadari

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya