TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waktu Terbaik Liburan ke Likupang, Puas Menikmati Pemandangan Indahnya

Tertarik pergi ke sini?

Potret Pantai Paal di Likupang di Minahasa Utara, Sulawesi Utara (indonesia.travel)

Nama Likupang mungkin belum sepopuler Bali, Labuan Bajo, Belitung, Bunaken, atau Wakatobi. Namun, siapa sangka jika wilayah yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, ini merupakan salah satu dari lima destinasi super prioritas di Indonesia?

Di Likupang, kamu bisa menemukan banyak potensi wisata yang akan membuatmu terpesona. Mulai dari pantai berpasir putih yang indah, hamparan perbukitan hijau yang menyejukkan mata, alam bawah laut yang cantik, hingga beragam kuliner yang menggugah selera.

Pemerintah setempat dengan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI pun gencar mempromosikan Likupang agar semakin dikenal oleh wisatawan lokal dan internasional. Kamu wajib memasukkan Likupang dalam bucket list liburanmu nanti.

Namun, sebaiknya kamu perhatikan dulu waktu terbaik liburan ke Likupang biar puas menikmati pemandangan alamnya. Penasaran kapan waktu terbaik berlibur ke Likupang? Simak ulasan di bawah ini, yuk!

1. April-Juni

Pantai Batu Angus di Likupang, MInahasa Utara (indonesia.travel)

April dan Juni merupakan waktu terbaik untuk pergi ke Likupang. Dilansir dari Weather Spark (laman yang berisi laporan cuaca), suhu rata-rata di Likupang pada tiga bulan tersebut adalah 24-31 derajat Celcius. 

Selain itu, bulan April menjadi peralihan dari musim hujan ke musim kemarau sehingga intensitas hujan mengecil. Pada bulan Mei dan Juni, cuaca jadi semakin hangat dan cerah sepanjang hari.

Kamu bisa menjelajahi beberapa tempat menarik di sana dengan tenang dan nyaman. Ada Pantai Surabaya, Pantai Pulisan, Pantai Batu Angus, Pantai Sampiran, dan masih banyak lainnya. 

Namun, kamu juga harus tahu bahwa bulan Juni merupakan peak season. Diperkirakan banyak orang, terutama anak sekolah, yang akan pergi berlibur ke Likupang pada bulan ini. Biar gak terjebak pada keramaian, sebaiknya kamu datang pada awal Juni, ya!

Baca Juga: Surga Tersembunyi Sulawesi Utara: 10 Destinasi Wisata Selain Likupang

2. Juli-September

Potret perairan di Likupang, Minahasa Utara (indonesia.travel)

Selain April-Juni, bulan Juli-September juga menjadi waktu yang disarankan untuk liburan ke Likupang karena cuaca semakin hangat. Suhu rata-rata harian pada tiga bulan tersebut sekitar 23-32 derajat Celcius.

Kalau suka melakukan olahraga air, kamu bisa berenang, snorkeling, dan juga diving di pantai-pantai indah di sana. Sebaliknya, buat kamu yang suka hiking atau kegiatan di alam bebas, ada Cagar Alam Gunung Tangkoko dan Gunung Tumpa yang bisa kamu kunjungi. Semuanya dijamin seru dan tak terlupakan.

Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa awal Juli biasanya merupakan peak season, sama seperti pertengahan hingga akhir bulan Juni. Untuk menghindari keramaian, sebaiknya kamu datang ke sini mulai dari pertengahan Juli.

3. Saat ada event Likupang Tourism Festival

Potret Pantai Pulisan di Likupang, MInahasa Utara (indonesia.travel)

Untuk menarik minat wisatawan datang ke Likupang, pemerintah setempat dengan dukungan Kemenparekraf menyelenggarakan Likupang Tourism Festival. Kegiatan ini biasanya diadakan pada bulan Juli setiap tahunnya. 

Wisatawan bisa menyaksikan beragam atraksi seni dan budaya dari para seniman lokal. Seperti pelepasliaran tukik, penanaman pohon bakau, lomba perahu hias, lomba renang di laut, lomba pembuatan kue tradisional, pameran kuliner, bazar produk UMKM lokal, dan  masih banyak lainnya. 

Baca Juga: 7 Kuliner Wajib Dicoba saat Wisata ke Likupang Sulawesi Utara

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya