TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tempat Wisata Religi di Sidoarjo yang Bisa Dikunjungi saat Ramadan

Yuk, berwisata ke tempat bersejarah yang penuh makna

Masjid Agung Sidoarjo (instagram.com/kotasidoarjo)

Mendekati bulan suci Ramadan, umat muslim di berbagai negara mulai melakukan sejumlah persiapan. Tak terkecuali masyarakat di Sidoarjo. Melakukan wisata religi menjadi momentum yang tepat bagi umat muslim di bulan yang penuh berkah ini untuk memperkuat keimanan dan mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

Sidoarjo yang berada di Provinsi Jawa Timur tak hanya memiliki pusat perbelanjaan serta wisata kuliner, tapi juga sejumlah destinasi wisata religi yang layak dikunjungi saat Ramadan. Berikut deretan tempat wisata religi dan bersejarah di Sidoarjo yang bisa kamu kunjungi.

1. Masjid Jami’ Al Abror

Masjid Jami’ Al Abror Sidoarjo (instagram.com/fauzirakhmaad)

Mengunjungi Masjid Jami’Al Abror Sidoarjo, kamu bisa beribadah sekaligus belajar sejarah. Pasalnya, tak hanya tentang perkembangan Islam, ternyata masjid yang berdiri sejak tahun 1678 ini juga menyimpan kisah perjalanan Kota Sidoarjo. Ya, Masjid Jami’ Al Abror menjadi saksi bisu cikal bakal perkembangan agama Islam di Kota Sidoarjo.

Masjid tua nan megah ini terletak di lingkungan Kauman, Kelurahan Pekauman, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo.

Lokasinya memang tidak terlalu strategis. Letaknya agak menjorok ke dalam, tak langsung nampak dari jalan utama dan berada di kawasan perbelanjaan. Meski demikian, masjid ini telah dipugar sebanyak tiga kali. Dua bagian yang tetap dipertahankan yakni pintu masuk masjid sebelah utara dan penunjuk waktu salat dengan hitungan sinar matahari.

Baca Juga: 4 Tempat Bukber Makanan Timur Tengah di Sidoarjo

2. Masjid Agung Sidoarjo

Masjid Agung Sidoarjo (instagram.com/kotasidoarjo)

Masjid Agung Sidoarjo berada di Jalan Sultan Agung Nomor 36, Magersari, Kabupaten Sidoarjo. Masjid yang berada di jalur Trans Jawa ini merupakan masjid terbesar di Sidoarjo. Didirikan pada 1859, masjid ini usianya sudah mencapai 164 tahun. Mengalami beberapa kali renovasi, masjid tiga lantai yang terbuat dari marmer ini mampu menampung hingga 4.000 jamaah.

Masjid dengan luas 2.115 meter persegi ini didirikan atas inisiatif dari bupati pertama Sidoaarjo yang bernama Raden Adipati Pandji Tjondronegoro. Masjid tua ini merupakan masjid pertama di Jawa Timur yang memiliki fasilitas travelator untuk memudahkan mobilitas jamaah lansia dan disabilitas. Menariknya, di masjid ini ada sumur tua yang tidak pernah kering meskipun musim kemarau.

Verified Writer

Malika Nabilla Larasati

The more you write, the more knowledge you get

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya