TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tips dan Informasi Wisata Wat Arun di Bangkok—Thailand

Naik kapal feri untuk menyeberang dari Wat Pho

Wat Arun atau disebut The Temple of Dawn (dok.pribadi/Maria Sutrisno)

Wat Arun Ratchawararam, atau Wat Arun atau juga disebut Temple of Dawn, adalah salah satu wisata budaya populer di Bangkok, Thailand. Pemberian nama Arun adalah untuk menghormati Dewa Fajar di India atau God of Dawn, yaitu Aruna.

Kunjungan ke Wat Arun ini umumnya digabungkan dengan Wat Pho yang mana terdapat patung Buddha tidur atau Reclining Buddha. Kuil Wat Arun ramai dikunjungi wisatawan, lho. Supaya kunjunganmu tidak sia-sia, ada baiknya simak beberapa tips dan informasi wisata Wat Arun di Bangkok, Thailand, ini.

Baca Juga: 10 Fakta Wat Arun, Salah Satu Kuil Buddha Tertua yang Masih Berdiri

1. Cara menuju ke Wat Arun

Penumpang naik feri menuju ke Wat Arun (pexels.com/Maksim Romashkin)

Lokasi Wat Arun ada di tepi Sungai Chao Phraya, berseberangan dengan Wat Pho. Pengunjung dapat berkunjung ke Wat Arun menggunakan transportasi umum, seperti MRT dan feri. Apabila kamu mengunjungi Wat Arun dari Wat Pho, tempat patung Buddha tidur berada, maka cara termudah yaitu menggunakan feri dari terminal Tha Tien atau Tha Tien Market.

Estimasi waktu untuk berjalan dari Wat Pho menuju ke Tha Tien Market adalah 20 menit. Menjelang masuk ke pasar, kamu akan melihat antrean pengunjung atau papan tulisan yang menunjukkan arah menuju ke shuttle feri Wat Arun.

Kamu harus mengikuti alur antrean dan masuk ke dalam pasar untuk tiba di terminal. Jangan lupa untuk menyediakan uang tunai untuk membayar tiket feri. Estimasi biaya adalah 5 Bath Thailand (Rp2.200) untuk orang dewasa dan sedikit biaya untuk anak kecil. Kapal feri ini akan membawa penumpang tepat di depan Wat Arun.

Apabila berencana menggunakan MRT, maka pilih stasiun MRT Itsaraphap sebagai pemberhentian terakhir. Stasiun MRT Itsaraphap berada di jalur berwarna biru. Langkah berikutnya adalah menggunakan taksi dari stasiun ini untuk menuju ke Wat Arun. Untuk mempermudah komunikasi dengan sopir taksi maka kamu dapat memberitahu alamat Wat Arun yang tertulis di bahasa Thai untuk ditunjukkan kepada sopir.

2. Area yang wajib untuk dikunjungi beserta harga tiket

Phra Prang atau Central Prang di Wat Arun (dok.pribadi/ Maria Sutrisno)

Estimasi harga tiket masuk di Wat Arun untuk wisatawan asing adalah 200 Baht Thailans (Rp87 ribuan). Harga tiket untuk anak ditetapkan berdasarkan tinggi tubuh. Anak dengan tinggi tubuh lebih dari 120 centimeter akan dikenakan tiket masuk.

Ketentuan harga tiket untuk anak dan orang dewasa dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga penting untuk membaca pengumuman yang tertera di loket pembelian tiket. Kemudian tiket masuk dapat dibeli langsung di loket. Sebaiknya menyediakan uang tunai untuk berjaga-jaga bila tidak bisa menggunakan kartu kredit.

Wat Arun terkenal dengan struktur bangunan pagoda yang menyerupai menara. Bangunan tersebut sering disebut prang. Tower Phra Prang, Phra Prang atau Central Prang adalah pagoda terbesar di Wat Arun.

Selain tinggi menjulang, di sekeliling pagoda dilapisi dengan mosaik keramik yang membuat Phra Prang ini terlihat cantik khususnya saat matahari terbenam. Beberapa dari pagoda di Phra Prang mempunyai tangga yang curam yang dapat didaki oleh pengunjung, namun ada area yang tertutup untuk umum.

Selain Phra Prang, pengunjung juga dapat melihat Ordination Hall yang mana di dalamnya terdapat patung Buddha Niramitr. Pengunjung juga akan melihat 2 patung penjaga yang disebut The Yakshas di area gapura sebelum memasuki Ordination Hall.

Verified Writer

Maria Sutrisno

part time penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya