TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Kawah Paling Indah di Indonesia yang Bisa Jadi Rekomendasi Wisatamu

#IDNTimesTravel Jujugan naik gunung, selain puncak

instagram.com/airasia_bhsindonesia

Ketika mendaki gunung, bukan cuma puncak saja yang menjadi tujuan para pendaki. Kawah-kawah indah pun jadi jujugan utamanya. Namun, gak semua gunung punya kawah yang indah.

Kalau kamu ingin mendaki gunung dengan kawah yang cantik, berikut rekomendasi kawah paling indah di Indonesia.

1. Kawah Kelimutu

instagram.com/nevergiveup_ucandoit

Kawah Kelimutu punya tiga danau dengan warna air yang bisa berubah-ubah. Terkadang merah, biru, dan putih. Air danau tersebut dihasilkan dari proses vulkanis Gunung Kelimutu.

Dua kawahnya menyatu, hanya dipisahkan satu pembatas berupa tebing. Sedangkan, satu kawah lagi terpisah. Akses menuju puncak Gunung Kelimutu hanya bisa dengan naik tangga saja.

Lokasi: Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 05.00-18.00 WITA

Harga: WNI dikenakan seharga Rp5.000, sedangkan WNA seharga Rp150 ribu

2. Kawah Ijen

instagram.com/amdhaniyudha_

Mendaki Gunung Ijen tanpa singgah ke Kawah Ijen rasanya kurang afdal. Hal yang paling menarik adalah keindahan blue fire.

Untuk bisa menikmatinya, kamu harus tiba di puncak pada pukul 03.00. Pasalnya, api biru mulai menghilang sejak pukul 04.30. Jangan lupa kenakan masker ya, karena bau belerangnya cukup kuat.

Untuk mencapai Kawah Ijen, kamu harus mendaki gunung selama kurang lebih 2-4 jam. Jika kamu tidak ingin terburu-buru, mulailah mendaki lebih awal, pada pukul 00.30 misalnya.

Lokasi: Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam operasional: setiap hari pukul 00.00-12.00 WIB

Harga: WNI Rp5.000 pada hari biasa dan Rp7.500 di hari libur, sedangkan WNA Rp100 ribu pada hari biasa dan Rp150 ribu pada hari libur

3. Kawah Domas Tangkuban Perahu

instagram.com/rgndrlksn

Tangkuban Perahu setidaknya punya sembilan kawah, Kawah Domas salah satunya. Untuk mancapai kawah ini, kamu bisa melalui dua jalur. Jalur Parkiran Kawah Domas sepanjang 500 meter dan jalur dari Parkiran Kawah Ratu yang lebih menantang.

Kamu bisa merendam kaki di dalam kolam kecil berisi air hangat, semacam refleksi, di sini. Selain itu, kamu juga bisa merebus telur di dalam air panas tersebut. Sebutir telur dihargai Rp2.000 saja sudah dengan keranjang plastik untuk memasaknya.

Lokasi: Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00-17.00 WIB

Harga: WNI dikenakan seharga Rp15 ribu, sedangkan WNA dikenakan Rp50 ribu

4. Kawah Papandayan

instagram.com/kennedyjusan

Destinasi satu ini menyediakan kawah dengan asap belerang yang cukup tebal, sehingga pengelola membatasinya dengan pagar, supaya wisatawan tidak terlalu dekat.

Terdapat beberapa tempat unik di sekitar Kawah Papandayan, seperti padang bunga edelweis, hutan mati yang ikonik, hingga beberapa kolam pemandian air panas. Pemandangan pegunungan pun bisa jadi latar berfoto yang kece.

Lokasi: Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: hari biasa Rp20 ribu, dan Rp30 ribu di akhir pekan. Kalau ingin berkemah, dikenai biaya tambahan sebesar Rp35 ribu

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lembah Terindah di Indonesia, di Sulsel Ada Ramma

5. Kawah Gunung Galunggung

instagram.com/bony_arl

Berbeda dengan kawah pada umumnya, Kawah Gunung Galunggung punya warna khas hijau, karena dipenuhi pepohonan dan rerumputan. Untuk bisa mencapai kawah, perjalanan dilakukan dengan menaiki 620 buah anak tangga.

Sesampainya di kawah, menjelajahi sekitarnya adalah salah satu aktivitas yang wajib dilakukan. Menyaksikan keindahan Kawah Galunggung yang hijau dari dekat bisa jadi pengalaman melepas penat yang menyenangkan.

Lokasi: Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp6.500

6. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey (instagram.com/intanadel)

Salah satu daya tarik dari kawah ini adalah warna airnya yang mampu berubah warna. Terkadang berwarna putih kehijauan, tapi tergantung kadar belerang, suhu, dan cuaca yang terjadi saat itu. Kamu juga bisa mendaki dan berkuda di sini.

Lokasi: Jalan Situ Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Jam operasional: setiap hari pada pukul 07.00-17.00 WIB

Harga: Rp15 ribu

7. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang (instagram.com/mbrian87)

Kawah Sikidang masuk ke dalam kawasan Dataran Tinggi Dieng. Letaknya yang tak jauh dari Bukit Sikunir menjadikan tempat ini selalu ramai pengunjung, terutama saat matahari terbit sempurna.

Selain keindahan kawah, kamu juga bisa menjelajahi kawasan sekitar atau bercengkerama dengan warga sekitar. Mereka biasanya menjual kerajinan tangan yang unik-unik, lho. Lumayan, kan buat oleh-oleh?

Lokasi: Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB

Harga: Rp10 ribu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya