Comscore Tracker

Acala Ayu, Hotel di Tepi Pantai Gunungkidul yang Cocok untuk Healing

Homestay di Yogyakarta yang terasa seperti Bali #LokalIDN

Gunungkidul memiliki beberapa deretan pantai yang eksotis, diantaranya adalah Pantai Baron dan Pantai Kukup. Nah, tak jauh dari kedua pantai itu terdapat Pantai Mbuluk, yang belakangan menjadi viral di sosial media berkat sebuah penginapan yang bernama Acaya Ayu.

Penginapan ini termasuk unik karena berada di bibir tebing dengan view yang cakep, tak ubahnya seperti sedang berlibur ke pulau dewata.

Berikut ulasan mengenai penginapan Acala Ayu yang sedang hits ini. Disimak bersama, ya!

1. Konsep dan desain penginapan Acala Ayu

Acala Ayu, Hotel di Tepi Pantai Gunungkidul yang Cocok untuk Healingacala ayu (instagram.com/acala_ayu)

Penginapan yang baru dibuka pada Agustus 2020 lalu ini mengusung konsep back to nature. Untuk memberi kesan menyatu dengan alam saat menginap, bangunan kamar sengaja dibuat dari bahan yang ramah lingkungan, seperti kayu dan bambu yang unik dan klasik. AC sengaja ditiadakan sehingga suasananya seperti berada di alam yang sesungguhnya.

Selain itu, bagian toiletnya dibuat semi terbuka, yakni pada bagian atap sengaja ditiadakan. Namun, kamu tak perlu khawatir, tingkat keamanan di sini cukup tinggi, kok!

Tak hanya itu, di dalam kamar juga dihiasi berbagai tanaman yang semakin menambah kesejukan. Keindahannya pun kian nyata dengan beberapa ornamen dari kain dan tali temali mirip resort yang ada di Bali.

2. Keindahan Acala Ayu  

Acala Ayu, Hotel di Tepi Pantai Gunungkidul yang Cocok untuk Healingacala ayu (instagram.com/andien_yessa)

Penginapan yang satu ini terasa istimewa karena berada di atas perbukitan karst yang langsung berhadapan dengan bibir pantai. Di ketinggian tebing ini juga ditanami rerumputan hijau dan beberapa tanaman di sekililingnya sehingga begitu memanjakan mata yang melihatnya.

Dari depan pintu kamar kamu bisa langsung melihat keindahan kawasan pantai Mbuluk yang eksotis ke arah timur, seperti Pantai Mesra dan Pantai Kukup. Di sekitar kamar penginapan juga terdapat taman kecil dengan rerumputan yang hijau sehingga kamu bisa bersantai di taman tersebut sambil main ayunan dan hammock sambil menikmati pemandangan laut lepas pantai Mbuluk Gunung Kidul.

Pun tak kalah serunya, kamu dapat menikmati panorama sunset di Acala Ayu. Dijamin liburanmu bakal berkesan!

Baca Juga: 5 Kafe di Gunungkidul dengan View Pantai hingga Bukit, Memukau Banget

3. Tipe kamar penginapan Acala Ayu

Acala Ayu, Hotel di Tepi Pantai Gunungkidul yang Cocok untuk Healingacala ayu (instagram.com/gunungkidul.ig)

Saat ini baru tersedia 6 kamar yang bisa disewakan, terdiri dari 5 couple room dan 1 family room. Pada couple room memiliki kenyamanan yang lebih di mana ruangannya dibuat secara terpisah dari kamar-kamar lainnya.

Selain itu terdapat tangga kayu yang sengaja dibangun sebagai sarana untuk naik ke bagian ruangan. Di setiap kamar juga tersedia teras yang bisa dipakai untuk bersantai bersama pasangan tercinta.

Oya, dari jumlah itu, ada 3 kamar yang memiliki kamar mandi dengan konsep terbuka, lho! Tetapi tetap terjaga kok keamanannya.

4. Fasilitas di Acala Ayu

Acala Ayu, Hotel di Tepi Pantai Gunungkidul yang Cocok untuk Healingacala ayu (instagram.com/acala_ayu)

Menginap di Acala Ayu, kamu sudah difasilitasi mulai dari tempat tidur yang nyaman, kamar mandi pribadi yang dilengkapi alat mandi, warung makan (hanya buka sampai jam 8 malam saja), dan kamu juga bisa merasakan kelezatan sego gandul yang khas ketika sarapan. Kakanan khas Gunungkidul ini terdiri dari nasi, bihun, dan telur yang dibungkus daun jati yang menciptakan aroma dan rasa yang unik.

Selain itu, restoran di penginapan ini juga menyediakan berbagai menu tradisional yang menggoyang lidah. Dijamin, kamu tak akan kelaparan saat berlibur di sini!

5. Informasi lainnya tentang Acala Ayu

Acala Ayu, Hotel di Tepi Pantai Gunungkidul yang Cocok untuk Healingacala ayu (instagram.com/hajar_prasetyo)

Lokasi Acala Ayu berada di kawasan Pantai Mbuluk, yakni di Rejosari, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. 

Lokasinya cukup mudah dijumpai karena terletak di antara Pantai Baron dan Pantai Kukup. Patokannya, sebelum pintu masuk Pantai Kukup, kamu harus belok ke kanan melewati jalanan yang masih berbatu, karena belum sepenuhnya diaspal.

Waktu check in paling awal pada pukul 13.00 WIB dan check out pada pukul 12.00 WIB.

Harga sewa kamar ukuran kecil:

Weekdays : Rp 400rb/malam

Weekends : Rp 500rb/malam

Harga sewa kamar ukuran besar:

Weekdays : Rp 800rb/malam

Weekends : Rp 1juta/malam

Banyak yang memesan kamar di Acala Ayu lantaran keunikan dan keindahan tempatnya sehingga menjadikan Acala Ayu sebagai salah satu penginapan favorit dan kerap dipilih oleh wisatawan saat berkunjung ke Gunungkidul.

Jadi, tipe kamar mana nih yang akan kamu booking di Acala Ayu?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Gunungkidul yang Sudah Buka Kembali, Mau ke Sini?

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

keep calm and keep writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya