Comscore Tracker

10 Tempat Safari Gajah Terbaik di Dunia, Petualangan yang Berkesan!

Sudah pernah mengunjungi yang mana, nih?

Meski bertubuh besar, gajah adalah binatang ramah yang mudah berbaur dengan manusia. Maka tak heran keberadaannya sering membuat kita takjub dan ingin mendekatinya. Jika melihat gajah di kebun binatang kurang memuaskan, berarti kamu harus bersafari ke sepuluh tempat di dunia ini. Melansir dari Wanderlust, inilah 10 tempat terbaik untuk melihat kawanan gajah di dunia!

1. Taman Nasional Chobe, Botswana 

10 Tempat Safari Gajah Terbaik di Dunia, Petualangan yang Berkesan!chobenationalpark.co.za

Taman Nasional Chobe yang berada di Botswana diperkirakan menjadi rumah bagi 120.000 - 130.000 ekor gajah. Musim kemarau, yakni Juni - November adalah waktu terbaik untuk melihat kawanan gajah di taman seluas 11.700 km² tersebut. Jerapah, macan tutul, anjing liar dan singa sekali pun adalah hal lumrah kamu temukan di sini.

2. Elephant Nature Park, Thailand 

10 Tempat Safari Gajah Terbaik di Dunia, Petualangan yang Berkesan!elephantnaturepark.org

Terletak di Provinsi Chiang Mai, Thailand, Elephant Nature Park adalah lokasi penyelamatan gajah dari perbudakan oleh manusia. Puluhan gajah telah diselamatkan dan berhasil direhabilitasi ke tempat yang kini menjadi daya tarik wisatawan ini. Di samping sekadar melihat, berkunjung ke sini juga kamu artinya sudah ikut berkontribusi dalam menjaga kelestarian binatang belalai ini.

3. Suaka Margasatwa Nkhotakota, Malawi  

10 Tempat Safari Gajah Terbaik di Dunia, Petualangan yang Berkesan!malawitourism.com

Nkhotakota, cagar alam tertua di Malawi ini sempat mengalami krisis akibat pemburuan liar. Berhasil dibenahi selama dua tahun, akhirnya tahun 2017 berkat dipindahkannya 500 gajah dan 2.000 hewan lain dari cagar alam berbeda, kini cagar alam Nkhotakota kembali ramai dan menjadi salah satu destinasi terbaik untuk melihat kawanan gajah.

4. Pusat Konservasi Gajah Sayaboury, Laos 

10 Tempat Safari Gajah Terbaik di Dunia, Petualangan yang Berkesan!elephantconservationcenter.com

Selain Thailand, bagian negara Asia lainnya yang menjadi salah satu destinasi terbaik melihat gajah adalah, Laos. Lebih tepatnya di Sayaboury Elephant Conservation Centre. Dulu dikenal sebagai ‘land of a million elephants’, kini Laos hanya memiliki sekitar 400 gajah di alam liar. Sementara sekitar 400 ekor lainnya hidup di penangkaran.

5. Taman Nasional Hwange, Zimbabwe  

10 Tempat Safari Gajah Terbaik di Dunia, Petualangan yang Berkesan!africanbushcamps.com

Tidak seperti di tempat lain, kawanan gajah di taman nasional Hwange hingga kini masih terpantau stabil. Ada sekitar 45.000 ekor gajah di taman ini dan diperkirakan terus bertambah.

Musim kemarau, yakni Juli - Oktober menjadi waktu terbaik untuk melihat binatang eksotis tersebut. Terlebih, banyak menyuguhkan destinasi indah lainnya di dekat taman satu ini, seperti Air Terjun Victoria.

Baca Juga: 5 Taman Nasional di Amerika yang Bisa Dijelajahi Secara Virtual

6. Taman Nasional Periyar, India 

10 Tempat Safari Gajah Terbaik di Dunia, Petualangan yang Berkesan!holidify.com

Tidak hanya menyuguhkan kawanan gajah, Taman Nasional Periyar juga menjadi tempat kamu melepas penat dengan pemandangan eksotis. Bahkan di sini kamu bisa berlayar menggunakan perahu menyusuri Danau Periyar untuk melihat berbagai satwa liar lainnya. Seperti kijang, bison, anjing liar, rusa, kancil hingga harimau benggala.

7. Uda Walawe Elephant Transit Home, Sri Lanka

10 Tempat Safari Gajah Terbaik di Dunia, Petualangan yang Berkesan!lonelyplanet.com

Di Rumah Pemindahan Gajah Uda Aalawe, kamu bisa melihat sekitar 300 ekor gajah dengan menggunakan mobil jip yang disewakan. Selain gajah, menyaksikan junglefowl (ayam liar) dan buaya kecil adalah hal yang mengasyikan di taman satu ini. Antara Agustus dan September adalah waktu terbaik untuk melihat kawanan gajah berkeliaran di sini.

8. Taman Nasional Gajah Addo, Afrika Selatan  

10 Tempat Safari Gajah Terbaik di Dunia, Petualangan yang Berkesan!sanparks.org

Taman Nasional Gajah Addo pada mulanya dibangun untuk menyelamatkan gajah-gajah lokal yang populasinya kala itu hampir punah. Kini, Taman terbesar ketiga di Afrika Selatan tersebut menjadi rumah bagi kurang lebih 600 ekor gajah.

Selain gajah, taman ini juga dihuni oleh macan tutul, singa, badak hitam, kerbau, zebra, hyena dan lainnya. Menunggangi kuda atau menggunakan mobil jip adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bersafari di taman nasional satu ini.

9. Sungai Kanibatangan, Malaysia

10 Tempat Safari Gajah Terbaik di Dunia, Petualangan yang Berkesan!greatleap.com.my

Yang terdekat dengan negara kita, Malaysia juga menjadi tujuan destinasi kamu melihat kawanan gajah di alam liar. Gajah kerdil, adalah sebutan untuk binatang belalai penghuni Sungai Kanibatangan ini.

Selain berjalan menyusuri hutan, melakukan pelayaran dengan menggunakan perahu juga bisa menjadi salah satu alternatif mencapai kawasan satu ini. Sungai Kanibatangan menjadi rumah bagi sekitar 70 gajah kerdil, orangutan, kera, biawak, bekantan dan lainnya.

10. Taman Nasional Katavi, Tanzania 

10 Tempat Safari Gajah Terbaik di Dunia, Petualangan yang Berkesan!wild-wings-safaris.com

Saat kemarau tiba, hewan liar termasuk gajah akan berkeliaran bebas di Taman Nasional Katavi. Mereka memanfaatkan aliran sungai untuk minum. Menyewa jasa pemandu tur adalah langkah yang tepat saat bersafari di sini, agar kamu bisa menyurusi sungai dan melihat keindahan alam dan fauna lainnya yang menghuni taman seluas 4.471 km² tersebut.

Nah, itulah 10 tempat bersafari gajah terbaik di seluruh dunia. Selain wisata modern, kembali ke alam sekadar melihat kawanan gajah adalah suatu hal berharga dan memuaskan.

Baca Juga: 7 Taman Nasional yang Paling Eksotis di Korea Selatan, Bikin Betah!

Ineu Nursetiawati Photo Verified Writer Ineu Nursetiawati

☺️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya