Comscore Tracker

5 Candi di Sidoarjo Ini Bisa Jadi Pilihan Liburan

Bisa liburan sambil mengenal sejarah

Indonesia memang gudangnya peninggalan sejarah, mulai dari sejarah peninggalan perang sampai sejarah peninggalan kebudayaan. Kita sebagai warga negara Indonesia sungguh sangat disayangkan dong jika tidak mengetahui peninggalan sejarah di daerahnya sendiri, berikut ada beberapa candi di Sidoarjo yang jarang banget diketahui, padahal tempatnya bagus banget buat feed Instagram kamu.

1. Candi Pari

5 Candi di Sidoarjo Ini Bisa Jadi Pilihan Liburanwww.indonesiaimages.net

Candi yang satu ini berlokasi di Jl. Purbakala, Porong ini sengaja dibangun untuk mengenang hilangnya adik angkat dari anak Prabu Brawijaya. Di sana kalian akan melihat hamparan taman dengan candi megah berada di tengahnya, kalian bisa berkunjung kesana saat sore hari menjelang malam, dijamin kalian akan dapetin potret menarik yang gak akan kalian temui di tempat lain.

2. Candi Sumur

5 Candi di Sidoarjo Ini Bisa Jadi Pilihan Liburanporong.sidoarjokab.go.id

Lokasi candi yang satu ini tidak jauh dari candi pari kurang lebih hanya 200 meter, meskipun candi sumur sudah mulai rusak termakan usia kalian bisa banyak belajar mengenal sejarah candi tersebut, kisah Candi Pari dan Candi Sumur sangat misterius. Untuk mengetahui cerita lengkap tentang Candi Pari dan Candi Sumur, kalian bisa langsung mengunjungi kedua candi tersebut dan mendengar ceritanya langsung dari penjaga candi.

3. Candi Dermo

5 Candi di Sidoarjo Ini Bisa Jadi Pilihan Liburantempat.me

Setelah menjelajah di Candi Pari, kalian bisa mencoba datang ke Candi Dermo, untuk yang satu ini lokasinya ada di Dusun Candi Santren, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo. Meskipun beberapa bagian candinya sudah rusak termakan usia, justru di situlah kalian akan menemukan keindahan dari setiap potret yang kamu ambil.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Sidoarjo, Semuanya Sedap dan Bikin Ngiler 

4. Candi Tawangalun

5 Candi di Sidoarjo Ini Bisa Jadi Pilihan Liburanwisatasidoarjo.com

Berlokasi di Jl. Tawangalun, Buncitan, Sedati, Dusun Kp. Baru, Sidoarjo. Candi yang satu ini merupakan candi peninggalan kerajaan Majapahit, meskipun candi yang satu ini tidak terlihat seperti candi megah pada umumnya namun lokasi Candi Tawangalun yang jauh dari pemukiman membuat suasana disana terbilang tenang dan sejuk. Di sana kalian akan menemukan spot foto yang sangat jarang kalian temui di tempat lain, potret kalian akan terlihat sempurna didukung dengan lokasi yang membawa kesan misterius.

5. Candi Medalem

5 Candi di Sidoarjo Ini Bisa Jadi Pilihan Liburansitusbudaya.id

Candi yang satu ini berlokasi di RT.6/RW.1, Medalem, Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, meskipun tak terlihat megah seperti pada umumnya, candi di Sidoarjo ini menyimpan beberapa hal unik. Pasalnya daerah kawasan candi tersebut sebelumnya hanya lahan yang ditumbuhi beberapa pohon besar, sampai pada akhirnya sang juru kunci mendapat bisikan bahwa di bawah sebuah pohon terdapat sebuah candi.

Sebagai masyarakat Indonesia sudah selayaknya kita menjaga salah satu aset negara kita, meskipun dengan hal terkecil sekalipun. Misalnya saja dengan mempelajari dan mengetahui sejarah tentang kerajaan-kerajaan di Indonesia yang saat ini mulai dilupakan.

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Sidoarjo yang Enak, Harganya Mulai Rp10 Ribu

Lani Nuralita Photo Community Writer Lani Nuralita

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Just For You