Comscore Tracker

Gak Kalah Keren, Ini 8 Alasan Kamu Harus Berlibur ke Brunei Darussalam

Enggak kalah kok dari negara lain!

Brunei Darussalam mungkin menjadi salah satu negara yang kurang populer di antara para turis. Di saat negara tetangganya seperti Thailand, Singapura, Indonesia, dan Malaysia jadi destinasi favorit para turis, Brunei justru sepi dari turis.

Meski begitu, tidak berarti negara tetangga Indonesia satu ini tidak menarik lho. Di balik sepinya berita tentang Brunei di media, siapa sangka jika negara ini juga layak untuk masuk dalam daftar destinasi wisata kamu tahun ini. Kenapa? Berikut ini delapan alasan kenapa kamu harus berlibur ke Brunei Darussalam!

1. Brunei Darussalam adalah negara yang sangat aman

Gak Kalah Keren, Ini 8 Alasan Kamu Harus Berlibur ke Brunei Darussalaminstagram.com/facts.bn

Perlu kamu ketahui, Brunei Darussalam adalah salah satu negara paling aman di Asia Tenggara. Saking amannya, kamu bisa jalan-jalan sendirian di malam hari tanpa takut menjadi korban dari pencopetan, pelecehan, atau tindak kriminal lainnya.

Ada beberapa alasan kenapa negara tetangga ini begitu aman. Pertama karena Brunei menjunjung tinggi syariat islam sebagai pegangan hukum di negaranya. Alkohol dan minuman keras lain bahkan adalah barang ilegal yang enggak akan bisa kamu beli di negara ini. Ketiga karena kualitas hidup masyarakat yang sangat baik dan mencukupi membuat warganya tidak terpikirkan untuk mencuri demi memenuhi kebutuhan hidup.

2. Suasananya yang santai dan tenang

Gak Kalah Keren, Ini 8 Alasan Kamu Harus Berlibur ke Brunei Darussalamnolandtravels.com

Ibukota biasanya selalu identik dengan suasana yang ramai dengan hiruk pikuk kendaraan bahkan tidak jarang kamu akan menemukan kemacetan di mana-mana. Tapi kamu enggak akan pernah menemukan pemandangan serupa jika berkunjung ke Brunei Darussalam.

Dengan jumlah penduduk yang hanya mencapai 428 ribu membuat suasana negara ini jadi lebih sepi dari negara lainnya, bahkan di ibukotanya sekalipun. Suasana ini membuat para turis yang berkunjung bisa lebih santai saat jalan-jalan di negara ini.

3. Mengunjungi berbagai bangunan masjid mewah di negara ini

Gak Kalah Keren, Ini 8 Alasan Kamu Harus Berlibur ke Brunei Darussalaminstagram.com/ladiihoney

Kalau kamu seorang muslim, kamu pasti akan sangat betah berada di negara pimpinan Sultan Bolkiah ini. Sebagai negara mayoritas muslim, kamu bisa dengan mudah menemukan banyak masjid di Brunei. Yang keren adalah karena fungsinya sebagai tempat ibadah, pembangunan masjid-masjid di sini dibangun dengan sungguh-sungguh, dengan desain yang indah bahkan sangat megah untuk ukuran masjid.

Sebut saja Jame' Asr Hassanil Bolkiah yang merupakan masjid terbesar di Brunei Darussalam. Selain kapasitasnya yang bisa menampung 5.000 orang, masjid ini juga sangat megah. Tidak tanggung-tanggung, masjid ini memiliki kubah berlapis emas. Bukan cuma satu kubah melainkan 29 kubah emas yang dibuat untuk menghormati 29 sultan yang pernah memimpin Brunei.

Selain itu, masjid ini juga dikelilingi taman, dan kolam air mancur yang membuat jamaah atau turis betah berlama-lama di masjid ini.

4. Masakannya yang lezat dan sesuai dengan lidah orang Indonesia

Gak Kalah Keren, Ini 8 Alasan Kamu Harus Berlibur ke Brunei Darussalaminstagram.com/bgrcbrunei

Sebagai sesama negara Melayu, enggak heran kalau Brunei memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia atau Malaysia, termasuk untuk urusan makanan. Kalau kamu adalah orang yang suka banget dengan makanan Indonesia, maka kamu juga pasti akan cocok dengan makanan di Brunei Darussalam.

Selain karena rasanya yang tidak berbeda jauh, kebanyakan makanan di Brunei adalah perpaduan antara makanan Indonesia dengan Malaysia. Bahkan kamu bisa dengan mudah menemukan makanan Indonesia dijual di sana.

Baca Juga: 11 Kuliner Paling Ikonik di Brunei Darussalam yang Wajib Kamu Coba

5. Menjelajah di Taman Nasional Ulu Temburong atau The Green Jewel of Brunei

Gak Kalah Keren, Ini 8 Alasan Kamu Harus Berlibur ke Brunei Darussalaminstagram.com/ulu_uluresort

Kalau kamu bosan dengan lingkungan perkotaan, dan lebih suka wisata alam maka Taman Nasional Ulu Temburong akan jadi pilihan yang tepat. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 500 kilometer dan ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Mulai dari hiking menjelajah hutan, sampai berenang di kolam buatan alam.

Tenang, jalan-jalan di sini kamu enggak perlu takut nyasar karena kamu dan turis lainnya akan ditemani oleh seorang tour guide. Untuk menuju ke Taman Nasional Ulu Temburong ini, para pengunjung akan bepergian menggunakan longboat menyusuri sungai.

Oh ya, saking indahnya, Taman Nasional Ulu Temburong sampai mendapatkan julukan sebagai The Green Jewel of Brunei atau Permata Hijau dari Brunei lho!

6. Jalan-jalan di Kampong Ayer yang luas

Gak Kalah Keren, Ini 8 Alasan Kamu Harus Berlibur ke Brunei Darussalaminstagram.com/jinhee.28

Apa yang ada di pikiran kamu ketika mendengar nama Kampong Ayer? Sebuah perkampungan atau desa penuh sawah seperti Indonesia? Nyatanya meski sama-sama kampung, namun Kampong Ayer sangat berbeda karena letaknya yang berada di atas sungai.

Yup, Kampong Ayer adalah sebuah kampung atau desa terapung yang ada di sungai Bandar Sri Begawan. Meski letaknya yang agak unik, kampung ini adalah salah satu kampung terbesar di Brunei karena menampung lebih dari 13.000 penduduk. Dan walau letaknya di atas air, Kampong Ayer memiliki sekolah, masjid, dan perpustakaan sendiri. Yang keren adalah, warga di sini menggunakan speedboat sebagai sarana transportasi sehari-hari.

7. Penduduk Brunei sangat ramah pada turis

Gak Kalah Keren, Ini 8 Alasan Kamu Harus Berlibur ke Brunei Darussalamkhmertimeskh.com

Ada negara yang secara alam dan budaya sangat kaya, tapi penduduknya sangat "galak" pada turis. Alhasil tidak peduli semaju atau sekeren apapun destinasi wisata di negara tersebut tidak akan sanggup membuat turis betah lama-lama. Tapi kamu enggak akan pernah menerima sambutan yang kurang menyenangkan jika berkunjung ke Brunei.

Negara satu ini memiliki penduduk yang ramah, dan rendah hati membuat turis akan selalu merasa nyaman menghabiskan liburannya di Brunei. Bukan hanya itu, meski terkendala bahasa tapi orang Brunei enggak akan ragu untuk menolong turis yang tersesat atau membutuhkan bantuan. 

8. Bukan hanya ramah turis, liburan di Brunei juga ramah bagi dompet

Gak Kalah Keren, Ini 8 Alasan Kamu Harus Berlibur ke Brunei Darussalamtravellermeds.blogspot.com

Biasanya semakin maju sebuah negara maka akan semakin mahal juga biaya hidup di negara tersebut. Singapura contohnya, yang menjadi salah satu negara dengan biaya hidup yang tinggi. Untungnya hal yang sangat berbeda justru akan kamu rasakan di Brunei.

Bisa dibilang, pemerintah Brunei sangat ramah bagi turis karena mereka menyediakan banyak tempat wisata gratis yang bisa dikunjungi oleh turis asing. Selain itu harga makanan, dan kebutuhan lain yang jauh lebih murah, tidak jarang hotel di Brunei menawarkan supir dan mobil untuk mengantar para turis untuk berkeliling kota gratis.

Wah, perlu dicoba nih liburan ke Brunei. Yuk atur jadwalnya!

Baca Juga: 10 Makanan Khas Brunei Darussalam yang Paling Mengoyang Lidah Turis

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You