Comscore Tracker

5 Tempat Wisata Berburu Sunset yang Antimainstream di Yogyakarta!

Menikmati matahari tenggelam dari pantai sampai perbukitan

Menyaksikan matahari tenggelam menjadi momen yang banyak dinanti travelers karena dapat menyejukkan hati dan pikiran. Berbagai tempat wisata pun diburu demi mendapatkan pemandangan sunset yang memukau. 

Yogyakarta punya cukup banyak spot untuk menikmati momen matahari tenggelam. Nah, berikut ini adalah lima tempat wisata yang antimainstream untuk menyaksikan pemandangan sunset di Yogyakarta.

1. Spot Riyadi

5 Tempat Wisata Berburu Sunset yang Antimainstream di Yogyakarta!Spot Riyadi (instagram.com/ernymahardika)

Objek wisata ini berada 200 meter di atas laut. Pengunjung disuguhkan pemandangan kota Jogja dengan latar Candi Prambanan dan Gunung Merapi. Selain itu, di sisi lain terdapat pemandangan Candi Sojiwan dan Candi Plaosan, serta hamparan sawah petani. 

Spot Riyadi awalnya adalah sebuah halaman rumah milik Bapak Riyadi yang kini telah disulap menjadi tempat wisata yang menarik. Terletak di Dusun Dawangsari, Desa Sambisari Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta atau jarak dari Candi Prambanan sekitar 3 km. 


Jika ingin melihat matahari terbenam, datanglah pada pukul 16.00-17.00 WIB. Saat sore tiba, kamu akan menangkap landscape Candi Prambanan dengan latar cahaya matahari yang keemasan. Pemandangan ini pastinya tidak ada duanya. Harga tiket masuk Spot Riyadi adalah gratis. Pengunjung hanya dipungut biaya parkir saja yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

2. Pantai Kuwaru

5 Tempat Wisata Berburu Sunset yang Antimainstream di Yogyakarta!Pantai Kuwaru (instagram.com/anismanto)

Pantai Kuwaru memiliki ciri khas yaitu pasir yang berwarna hitam dan pohon cemara udang yang berjejer di pinggiran pantai. Angin pantai yang sejuk ditambah dengan suara deburan ombak adalah kombinasi yang tepat untuk menikmati sunset


Pantai Kuwaru terletak di Dusun Poncosari, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk tiba di pantai ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 29 km dari Kota Yogyakarta atau sekitar 1 jam. Kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda 4 karena lokasinya yang sangat mudah diakses. 


Untuk masuk ke Pantai Kuwaru dikenakan biaya Rp 5.000 tiap orang. Terdapat biaya tambahan untuk parkir yakni parkir mobil sebesar Rp 5.000, untuk motor Rp 2000, Rp 10.000 untuk minibus dan Rp 10.000 untuk bus.

3. Pantai Cemara Sewu

5 Tempat Wisata Berburu Sunset yang Antimainstream di Yogyakarta!Pantai Cemara Sewu (instagram.com/nencywulan)

Pantai dengan sunset yang tidak kalah cantiknya adalah Pantai Cemara Sewu. Pantai ini berada satu kompleks dengan Pantai Parangtritis. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki hutan pohon cemara yang rimbun. Suasana pantai yang sejuk, hamparan langit dan laut yang luas menambah pesona matahari tenggelam menjadi romantis sehingga sangat cocok dinikmati bersama pasangan. 


Pantai Cemara Sewu beralamat di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Untuk mencapai pantai ini cukup mudah yaitu dari Pantai Parangtritis menuju Gumuk Pasir, kemudian ke barat lagi menuju Pantai Parangkusumo, di sebelah selatan jalan akan ada tanda masuk Pantai Cemara Sewu. 


Tarif ke lokasi ini tidak dikenakan biaya, karena tarifnya sudah menjadi satu dengan retribusi di TPR Pantai Parangtritis. Kamu hanya dikenakan biaya untuk parkir kendaraan yakni Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

4. Pintoe Langit Dahromo

5 Tempat Wisata Berburu Sunset yang Antimainstream di Yogyakarta!Pintu Langit Dahromo (instagram.com/pamuji.w)

Tempat berburu sunset antimainstream selanjutnya adalah Pintoe Langit Dahromo. Objek wisata ini terbilang cukup baru. Oleh karena itu, saat kita sebut namanya masih belum terdengar familiar. 

Pintoe Langit Dahromo berada di kawasan Jalan Hutan Pinus Nganjir, Dahromo Munthuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Daya tarik dari objek wisata ini adalah spot pintu langit yang Instagram-able dan berada di puncak bukit. 

Saat sore hari, kamu akan melihat pemandangan matahari tenggelam yang menakjubkan dengan view perbukitan dan kota Jogja yang menawan. 

Tiket masuk ke destinasi ini dipungut biaya sebesar Rp 5.000 perorang, ditambah dengan biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. 

5. Embung Nglanggeran

5 Tempat Wisata Berburu Sunset yang Antimainstream di Yogyakarta!Embung Nglanggeran (instagram.com/syammr)

Embung Nglanggeran merupakan wisata telaga buatan dengan luas embung sekitar 0.34 Ha. Objek wisata ini memiliki keunikan karena embung ini berada di atas bukit. Hamparan danau buatan dengan latar hijau Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi daya tarik dari objek wisata ini. Pemandangan matahari tenggelam dari Embung Nglanggeran juga tidak perlu diragukan. 

Embung ini terletak di Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses jalan menuju lokasi wisata kurang begitu bagus, jadi kamu wajib berhati-hati dan pastikan kendaraan dalam kondisi prima. 

Untuk menikmati wisata ini, pengunjung harus membayar retribusi sebesar Rp10.000 bagi wisatawan domestik ditambah dengan biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Yogyakarta sebenarnya punya lebih banyak lagi spot sunset yang tak kalah menggoda. Namun kelima rekomendasi di atas layak untuk kamu coba. Pengen berkunjung kemana dulu?

Rena Murtiviana Photo Verified Writer Rena Murtiviana

suka senja, musik dan drakor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya