TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Liburan ke Bali untuk Pemula, Jangan Lupa Pakai Promo

Gak perlu takut buat mulai liburan ke Bali

Ilustrasi pura di Bali (unsplash.com/Jeremy Bishop)

Bali adalah salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, bahkan di dunia. Destinasi yang dijuluki Pulau Dewata ini menawarkan berbagai macam keindahan alam, budaya, dan kuliner yang sayang untuk dilewatkan.

Bagi yang baru pertama kali ingin liburan di Bali, kamu perlu menyiapkan beberapa hal sebelum berangkat ke Bali. Agar liburanmu berjalan lancar, tips liburan ke Bali untuk pemula ini sebaiknya jangan dilewatkan. Coba terapkan, yuk!

Baca Juga: 5 Wisata Bali yang Dekat dengan Bandara Ngurah Rai, Selain Pantai Kuta

1. Tentukan tujuan dan daftar destinasi yang sesuai

Tentukan tujuan liburan dan daftar destinasi yang sesuai. (pexels.com/Khairul Leon)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan tujuan liburanmu. Apakah kamu ingin berlibur untuk bersantai, bersenang-senang, atau mempelajari budaya? Lalu, apakah kamu ingin bersama keluarga, sahabat, pasangan, atau solo traveling?

Setelah menentukan tujuan liburan, kamu bisa mulai membuat daftar destinasi yang ingin kamu kunjungi. Bali memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik, mulai dari pantai, gunung, pura, hingga desa adat.

2. Pilih waktu liburan yang tepat

Ilustrasi Pura Ulun (unsplash.com/Sebastian Pena Lambarri)

Bali memiliki iklim tropis dengan dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Musim kemarau berlangsung dari April hingga Oktober, sedangkan musim hujan berlangsung dari November hingga Maret.

Jika ingin menikmati liburan yang nyaman dan berkesan, sebaiknya pilih waktu liburan di musim kemarau. Saat musim kemarau, cuaca di Bali lebih cerah dan kering, sehingga kamu bisa bebas beraktivitas di luar ruangan.

3. Pesan hotel atau penginapan dari jauh hari agar lebih murah

Ilustrasi memesan hotel atau penginapan secara online (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Bali merupakan destinasi wisata yang populer, sehingga hotel dan penginapan di sana selalu ramai dipesan. Supaya bisa mendapatkan harga yang lebih murah, sebaiknya pesan hotel atau penginapan dari jauh hari.

Kamu bisa memesan hotel atau penginapan secara online atau langsung menghubungi pihak hotel. Pastikan kamu memesan hotel atau penginapan yang sesuai bujet dan kebutuhan.

4. Selalu bawa pakaian ganti lebih

Ilustrasi membawa pakaian ganti lebih (unsplash.com/Marissa Grootes)

Bali memiliki iklim tropis yang panas dan lembap. Karena itu, kamu perlu mempersiapkan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat. Selain itu, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti lebih, terutama jika kamu berencana untuk berenang atau melakukan aktivitas air lainnya.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Bali selain Pantai, Menarik dan Eksotis Abis! 

5. Manfaatkan promo dan reward point

Ilustrasi menggunakan promo dan reward point (pexels.com/RDNE Stock project)

Tahukah kamu? Ada banyak promo dan rewards point yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat biaya liburan. Kamu bisa mencari promo dan rewards di kartu kredit yang digunakan, situs booking tiket, platform dompet digital, maskapai penerbangan, atau hotel. Kamu hanya perlu mengecek secara rutin promo dan rewards point-nya!

6. Siapkan budget khusus liburan

Ilustrasi mata uang Rupiah (pexels.com/Ahsanjaya)

Sebelum berangkat liburan, sebaiknya siapkan bujet khusus liburan. Hal ini penting agar pengeluaranmu tidak membludak saat liburan.

Kamu bisa membuat estimasi biaya liburan berdasarkan daftar destinasi yang ingin kamu kunjungi, biaya transportasi, biaya akomodasi, biaya makan, dan biaya aktivitas lainnya. Agar liburan ke Bali lebih menyenangkan, selalu siapkan uang tunaiya!

Verified Writer

Hamdiki Roziqi

All-time learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya