TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Hal yang Tidak Boleh Diabaikan saat Traveling, Waspada!

Lebih baik berjaga-jaga agar tidak menyesal

ilustrasi menunggu di bandara (pexels.com/Anna Shvets)

Ketika membicarakan soal traveling, sebagian orang hanya fokus pada destinasi wisata yang dituju, pakaian yang akan dikenakan, atau mempersiapkan kamera terbaik untuk mengambil setiap momen penting yang akan disaksikan. Padahal, bepergian, baik di dalam atau luar negeri, perlu persiapan matang, terutama tentang apa pun yang menyangkut keselamatan diri.

Sayangnya, hal tersebut justru sering dilupakan dan berujung menimbulkan penyesalan di kemudian hari. Meski merasa traveling yang hendak dilakukan sangatlah aman, tetapi alangkah bijaksana untuk mempersiapkan diri bila ternyata kelak harus menghadapi situasi yang buruk.

Mengambil langkah antisipatif tidak akan pernah ada ruginya. Oleh sebab itu, jangan sampai mengabaikan beberapa hal penting berikut ini agar nyaman selama melakukan perjalanan.

Baca Juga: 4 Tips Packing Ringan untuk Traveling, Mobilisasi Lebih Lincah

1. Biasakan untuk selalu membawa salinan dokumen penting

ilustrasi dokumen perjalanan (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Setiap orang sudah pasti menginginkan kegiatan traveling yang dijalaninya berlangsung lancar dan aman, sesuai ekspektasi. Namun, terkadang ada hal-hal tidak terduga yang sulit untuk dihindari, seperti kecopetan, kehilangan barang bawaan, atau segala bentuk kemalangan lainnya. Jika ternyata ada dokumen penting yang juga hilang, tentu ini bisa menjadi masalah serius.

Oleh sebab itu, biasakan untuk selalu membawa salinan dari setiap dokumen penting yang kamu miliki. Persiapkan dalam bentuk soft copy mau pun hard copy yang disimpan di beberapa tempat sekaligus. Jika sampai terjadi kehilangan, setidaknya antisipasi yang demikian bisa memudahkan urusanmu dalam membuat dokumen pengganti.

2. Taruh dokumen penting di tas yang menempel di tubuh

ilustrasi seorang perempuan yang sedang menyusuri jalanan kota (pexels.com/Dmitriy Piskarev)

Bagi orang-orang yang belum terbiasa bepergian jauh, terutama saat harus menggunakan moda transportasi pesawat terbang, menaruh dokumen penting di koper yang masuk ke bagasi dirasa aman-aman saja. Sebab, nanti waktu kedatangannya juga bersamaan, sehingga bisa langsung diambil bila diperlukan. Padahal, tidak menutup kemungkinan ada kejadian yang tidak diinginkan, seperti delay atau bahkan hilang.

Meski hal tersebut diluar kuasamu, tetapi tetap ada cara untuk mengantisipasi skenario buruk semacam itu. Pastikan untuk menaruh dokumen, seperti paspor atau kartu identitas beserta salinannya, kartu-kartu penting, alat komunikasi, serta barang lain seperti obat-obatan dan kacamata di dalam tas yang menempel pada tubuhmu. Dengan begini, meski terpisah dengan koper, setidaknya kamu masih bisa bertahan.

Baca Juga: 5 Tips Menabung dan Mengatur Budget untuk Liburan

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya