Comscore Tracker

Apa Bedanya KRL, MRT, dan LRT? Ini yang Harus Kamu Pahami!

Kamu sudah pernah naik yang mana?

Kereta menjadi salah satu transportasi publik yang paling sering dipilih masyarakat perkotaan. Di wilayah Jabodetabek sendiri, ada tiga jenis transportasi publik yang mengangkut banyak orang dengan lokomotif bertenaga listrik.

Mulai dari KRL (Kereta Rel Listrik), MRT (Mass Rapid Transit), dan LRT (Light Rail Transit). Sekilas, ketiga kendaraan ini gak ada bedanya, ya? Meski terlihat sama, KRL, MRT, dan LRT memiliki beberapa keunggulan yang berbeda. 

Lantas, apa yang membedakan ketiganya? Gak hanya beda bentuk, berikut beberapa perbedaan KRL, MRT, dan LRT yang wajib kamu ketahui!

1. Kecepatan

Apa Bedanya KRL, MRT, dan LRT? Ini yang Harus Kamu Pahami!Ilustrasi KRL (instagram.com/bayuagustianto)

KRL dan LRT bisa menempuh kecepatan hingga 90 kilometer per jam. Sedangkan, MRT memiliki kecepatan yang paling tinggi, yakni 110 kilometer per jam.

2. Jumlah gerbong

Apa Bedanya KRL, MRT, dan LRT? Ini yang Harus Kamu Pahami!Ilustrasi LRT (instagram.com/nazhifsyauqii)

Dari jumlah gerbong pun berbeda. KRL memiliki 8-10 gerbong kereta, MRT memiliki enam gerbong, sedangkan LRT hanya memiliki 2-4 gerbong. 

3. Lintasan

Apa Bedanya KRL, MRT, dan LRT? Ini yang Harus Kamu Pahami!Ilustrasi MRT (instagram.com/tibakemudian)

Lintasan dari ketiga jenis kereta ini pun berbeda. KRL berada di lintasan atas tanah dan layang. MRT berada di lintasan layan dan bawah tanah. Sedangkan, LRT hanya berada di lintasan layang. 

Baca Juga: 10 Spot Foto Sekitar MRT Jakarta Paling Favorit, Estetik dan Kece!

4. Kapasitas penumpang

Apa Bedanya KRL, MRT, dan LRT? Ini yang Harus Kamu Pahami!Ilustrasi bagian dalam gerbong MRT (instagram.com/putrakphoto)

Dari segi kapasitas penumpang, KRL bisa menampung hingga 2.000 penumpang. Untuk MRT bisa menampung 1.950 penumpang dan LRT hanya bisa menampung 600 penumpang. 

5. Sumber daya listrik

Apa Bedanya KRL, MRT, dan LRT? Ini yang Harus Kamu Pahami!Ilustrasi LRT (instagram.com/raflisyafiq_)

Ketiga jenis transportasi umum ini memiliki sumber daya listrik yang berbeda. KRL dan MRT mendapatkan sumber daya listrik dari atas kereta. Sedangkan, LRT mendapatkan sumber daya listrik dari aliran bawah. 

6. Jumlah stasiun

Apa Bedanya KRL, MRT, dan LRT? Ini yang Harus Kamu Pahami!Ilustrasi stasiun (instagram.com/vascalakbarr)

Dari jumlah stasiun, KRL adalah yang paling unggul, memiliki 80 stasiun di seluruh wilayah Jabodetabek. Sedangkan, LRT Jabodebek memiliki 18 stasiun dan MRT hanya memiliki 13 stasiun di daerah Jakarta saja.

Itu dia perbedaan KRL, MRT, dan LRT yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang ingin mencoba berbagai jenis transportasi publik di wilayah Jabodetabek. Jadi, jangan sampai salah naik, ya!

Baca Juga: Cara Naik LRT Jabodebek, Moda Bebas Macet dan Murah Meriah

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya