Comscore Tracker

Ini Lho 5 Dokumen Penting yang Wajib Dibawa Pramugari saat Bertugas!

Calon pramugari wajib tahu, nih

Sebagian orang memimpikan bisa melakoni pekerjaan sebagai pramugari, karena tampak menyenangkan sekaligus menantang. Selain memperhatikan penampilan yang rapi, seorang pramugari juga harus memperhatikan barang-barang bawaannya saat bertugas, termasuk dokumen-dokumen wajib yang harus mereka bawa.

Jika kamu termasuk yang ingin menjadi awak kabin, maka wajib memahami beberapa dokumen wajib yang harus dibawa pramugari saat bertugas. Berikut di antaranya.

1. Kartu identitas

Ini Lho 5 Dokumen Penting yang Wajib Dibawa Pramugari saat Bertugas!Ilustrasi KTP (IDN Times/Umi Kalsum)

Dokumen wajib pertama adalah kartu perusahaan dan KTP. Untuk kartu perusahaan harus digunakan selama bertugas di luar pesawat. Namun, ketika bertugas di dalam pesawat, maka kartu tersebut harus disimpan biar gak hilang. 

2. Flight Attendant Certificate

Ini Lho 5 Dokumen Penting yang Wajib Dibawa Pramugari saat Bertugas!Ilustrasi Flight Attendant Certificate (tiktok.com/masmasudara)

Selanjutnya adalah Flight Attendant Certificate. Di dalamnya terdapat data diri dan jenis maskapai. Sertifikat ini dikeluarkan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Republik Indonesia. 

3. Paspor

Ini Lho 5 Dokumen Penting yang Wajib Dibawa Pramugari saat Bertugas!Indonesia.go.id

Selain identitas diri berupa KTP, paspor juga wajib dibawa, terutama saat penerbangan ke luar negeri. Jika gak dibawa, maka kamu gak bisa bertugas ke negara lain. 

Baca Juga: 10 Bandara Paling Dibenci Pramugari, Delay hingga Sering Kecelakaan

4. Sertifikat kesehatan

Ini Lho 5 Dokumen Penting yang Wajib Dibawa Pramugari saat Bertugas!Ilustrasi sertifikat kesehatan (tiktok.com/masmasudara)

Sertifikat kesehatan ini berisi data pribadi kamu. Mulai dari tinggi badan, berat badan, sampai status kesehatan. Setiap tahunnya akan disesuaikan dengan medical check up test. 

5. Sertifikat vaksin

Ini Lho 5 Dokumen Penting yang Wajib Dibawa Pramugari saat Bertugas!Ilustrasi sertifikat vaksin (tiktok.com/masmasudara)

Dokumen terakhir adalah sertifikat kesehatan. Dokumen ini berbentuk lembaran berwarna kuning. Kalau sekarang mungkin bisa disebut seperti sertifikat vaksin COVID-19. 

Itu dia beberapa dokumen wajib yang harus dibawa pramugari saat bertugas. Jadi, sekarang kamu sudah gak penasaran lagi, kan dengan barang bawaan mereka? Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu, terutama yang sedang tertarik dengan pekerjaan pramugari, ya.

Baca Juga: Mengejutkan, Ini 5 Rahasia Pramugari Pesawat yang Jarang Orang Tahu!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya