Comscore Tracker

5 Manfaat Solo Traveling, Bisa Dilakukam Minimal Sekali Seumur Hidup

Jadi lebih tenang dan bisa mengenal diri sendiri

Menghabiskan waktu liburan dengan keluarga atau teman terdekat memang mengasyikkan. Namun, pernahkah terpikir untuk menghabiskan waktu liburan sendiri? Sebab, menikmati waktu dengan diri sendiri dirasa jauh lebih tenang dan bebas.

Apalagi di masa kamu belum menikah atau masih single. Solo traveling pasti jadi hal yang akan kamu rindukan. Selain itu, solo traveling juga memiliki berbagai keuntungan lainnya seperti di bawah ini.

1. Bebas menentukkan destinasi yang kamu mau

5 Manfaat Solo Traveling, Bisa Dilakukam Minimal Sekali Seumur Hidupilustrasi pergi ke suatu tempat destinasi (unsplash.com/Steven Lewis)

Ketika melakukan solo traveling, tentu kamu akan bisa pergi kemanapun dan bsia menentukkan sendiri destinasi yang ingin kamu tuju. Bayangkan kamu bisa pergi kemanapun tanpa perlu berdebat dan memikirkan pendapat orang lain.

Di sini kamu akan lebih bebas jauh melangkah ke tempat manapun yang ingin kamu eksplor. Kamu juga bisa lebih bebas menikmati waktu untuk mencicipi kuliner setempat maupun melihat pemandangan yang ada di sana lebih lama.

2. Belajar bertemu orang baru 

5 Manfaat Solo Traveling, Bisa Dilakukam Minimal Sekali Seumur Hidupilustrasi bertemu dengan orang baru (unsplash.com/Cynthia Magana)

Bertemu dengan orang baru terkadang memang tidak mudah, apalagi jika kamu termasuk orang yang introver. Namun, hal ini bisa melatih confidence-mu, karena mau tidak mau kamu harus mampu beradaptasi dan berkomunikasi dengan orang di sekitar.

Justru kebanyakan orang yang mampu melakukan solo taveling biasanya bisa memperoleh teman dan berkomunikasi dengan mudah. Sebab, hal tersebut terus dilatih selama di perjalanan.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup dari Solo Traveling, Ajarkan Kemandirian

3. Lakukan apapun yang kamu suka

5 Manfaat Solo Traveling, Bisa Dilakukam Minimal Sekali Seumur Hidupilustrasi solo hiking (unsplash.com/Holly Mandarich)

Dengan melakukan solo traveling artinya kau bebas melakukan aktivitas apapun yang kamu suka. Salah satunya dengan naik gunung atau solo hiking.

Kamu bisa mendapat ketenangan sekaligus terbebas dari beban masalahmu. Mulai dari sini jiwamu akan terasa lebih bebas dan diharapkan dirimu bisa berdamai dengan keadaan apa pun nantinya.

4. Semua keputusan kamu yang tentukan 

5 Manfaat Solo Traveling, Bisa Dilakukam Minimal Sekali Seumur Hidupilustrasi menentukkan destinasi yang ingin dituju (unsplash.com/Guilherme Stecanella)

Menentukkan semua keputusan sendiri adalah hal yang wajib setiap orang lakukan. Dengan melakukan solo traveling kamu dilatih untuk bisa menentukkan sendiri tujuanmu tanpa harus bergantung dengan orang lain.

Kamu bisa menentukkan tempat tujuanmu sendiri, kendaraan apa yang ingin kamu gunakan hingga makanan yang ingin kamu nikmati selama perjalanan. Selain terbebas dari perbedaan pendapat kamu bisa lebih menghargai keputusan yang telah kamu ambil. 

5. Bisa atur budget sendiri

5 Manfaat Solo Traveling, Bisa Dilakukam Minimal Sekali Seumur Hidupilustrasi menaiki kendaraan umum (unsplash.com/Nic Y-C)

Bisa mengatur budget-mu sendiri adalah salah satu keuntungan yang bisa kamu dapat dengan solo traveling. Hal ini dikarenakan terkadang teman atau orang lain ingin melakukan traveling dengan budget yang tinggi. Sementara kamu menginginkan traveling dengan budget yang murah.

Nah, dengan melakukan solo traveling kamu bisa mengatur budget-mu sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Kamu pun bisa lebih bebas mengalokasikan budget yang kamu miliki untuk akomodasi hingga oleh-oleh.

Solo traveling merupakan kegiatan yang gak kalah mengasyikkan, bukan? Selain healing, kamu juga bisa lebih mengenal diri sendiri dan terbebas dari pendapat orang lain yang terkadang dirimu kurang setujui. Di sini kamu bebas lakukan apa pun yang kamu suka dan bisa menikmati perjalananmu dengan lebih tenang.

Baca Juga: 5 Tips Solo Traveling dengan Budget Minim, Cobain, yuk!

Oktavia Isanur Maghfiroh Photo Verified Writer Oktavia Isanur Maghfiroh

just do it! // find me @oktaviaa2510

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya