Comscore Tracker

All New Mazda CX-8 Resmi Diluncurkan, Ini 5 Kelebihannya

Menjadi SUV premium terbaru dari Mazda

Jakarta, IDN Times - All New Mazda CX-8 akhirnya resmi mengaspal di Indonesia mulai Jumat (22/11). Banderolnya pun menarik, yakni mulai Rp600-Rp700 jutaan. Mobil masuk kategori SUV premium dan karenanya dibekali sederet fitur kekinian.

Oya, CX-8 teranyar ditawarkan dalam dua varian, yaitu Touring dan Elite. Seperti apa spesifikasi mobil ini?

1. Eksterior yang menawan dengan aura kemewahan

All New Mazda CX-8 Resmi Diluncurkan, Ini 5 KelebihannyaDok. IDN Times/Aditya Perdana Putra

Wajahnya sudah mengaplikasikan bahasa desain Kodo anyar. Meski terlihat seperti Mazda3 yang cuma punya satu lampu di depan, tetapi ada tambahan lampu kabut LED di bumper. Bentuknya kecil, bahkan hampir tidak terlihat. Lampu utama, layaknya Mazda lain, bisa menyesuaikan otomatis (Auto Leveling) ketinggian sorotannya. Namun, ada perbedaan yang mencolok, untuk tipe Touring lampu kecilnya masih menggunakan bohlam biasa dan belum disematkan lampur DRL.

Bagian tengah ada ciri khas Mazda yaitu ada grille besar dengan balutan kromium sebagai tanda kemewahan. Sisi samping tampak gagah dengan pelek besar 19 inci yang dibalut karet hitam 255/55, semakin mewah dan juga manis karena adanya kromium pada bingkai jendela samping dan krom panjang horizontal pada pintu bagasi belakang.

2. Kenyamanan kabin menyenangkan dengan sistem audio premium dari Bose

All New Mazda CX-8 Resmi Diluncurkan, Ini 5 KelebihannyaDok. IDN Times/Aditya Perdana Putra

Pengaturan infotainment mobil ini ada pada layar 8 inci dengan beragam konektivitas dan sistem navigasi terintegrasi. Keluaran suaranya pakai audio premium merek Bose dengan 10 speaker, itu buat tipe mahal.

Namun untuk tipe yang Touring masih menggunakan sistem audio standar dengan 6 speaker. Satu lagi fitur eksklusif tipe Elite, head-up display pada kaca depan pengemudi, yang akan keluar jika mobil dinyalakan.

Pengatur kursi depan sudah elektrik, baik pengemudi dan penumpang. Ada juga fitur ventilasi pada jok depan, yang bisa mengembuskan udara sejuk pada dudukan dan sandaran.

3. Varian tertinggi jok sudah dibalut kulit dan menggunakan captain seat

All New Mazda CX-8 Resmi Diluncurkan, Ini 5 KelebihannyaDok. IDN Times/Aditya Perdana Putra

Kabin dibedakan antar varian dengan pelapis jok dan trim. Varian murah Touring memakai kain fabric warna hitam, yang diklaim tetap berkualitas tinggi. Sedangkan untuk tipe yang termahal atau yang dinamakan Elite, sudah menggunakan kulit Nappa berwarna merah agak gelap.

Namun untuk lingkar kemudi dan tuas transmisi sama, kedua tipe dilapis kulit. Selain itu, Elite menawarkan kabin 6-seater dengan baris tengah yang sudah disematkan jok captain seat. Pemisah kursi, diisi konsol penyimpanan dan cup holder, menariknya pada tipe Elite terdapat fitur yang mewah, yaitu penghangat kursi dan sunshade untuk baris kedua. 

4. Mesin dan performa yang pas digunakan untuk harian

All New Mazda CX-8 Resmi Diluncurkan, Ini 5 KelebihannyaDok. IDN Times/Aditya Perdana Putra

Ini yang jadi pembeda dengan CX-9. Mazda tak memasang turbo pada unit SKYACTIV-G 2,5 liter CX-8. Ya, mesin 4-silinder naturally aspirated itu sama seperti yang dipakai CX-5. Diklaim maksimalnya mencapai 190 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 252 Nm pada 4.000 rpm. Untuk transmisi, CX-8 teranyar menggunakan SKYACTIV-DRIVE 6-speed. Lalu untuk kapasitas tangki penuh yaitu sebesar 72 liter, dengan anjuran bahan bakar RON 95.

5. Dimensi lebih kecil dari CX-9 dan lebih besar dari CX-5

All New Mazda CX-8 Resmi Diluncurkan, Ini 5 KelebihannyaDok. IDN Times/Aditya Perdana Putra

Terakhir yaitu masalah dimensi. Memang dengan kehadiran SUV premiun terbaru dari Mazda ini mengisi antar jarak antara CX-5 dengan CX-9. Dimensi dari CX-8 sendiri terbilang jauh lebih kecil dari CX-9 namun jauh lebih besar dari CX-5.

CX-8 sendiri berdimensi 4.900 x 1.840 x 1.730 mm dan wheelbase 2.930 mm. Jarak antar poros roda itu sama dengan sang kakak. Makanya CX-8 bisa punya kabin dengan tiga baris dan jauh lebih lapang dibandingkan dengan CX-5. Makanya mobil ini jauh lebih lega dan cocok dikatakan sebagai golongan medium SUV.

Baca Juga: Mazda MX-30 Diperkenalkan di Tokyo Motor Show, SUV Bertenaga Listrik

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya