Comscore Tracker

Awas Tertipu Diskon Akhir Tahun, Ini Beda On The Road dan Off The Road

Mobil atau motor Off the road memang lebih murah, tapi...

Jakarta, IDN Times - Banyak pabrikan mobil dan motor memberikan diskon khusus di akhir tahun. Biasanya potongan harganya lumayan menggiurkan. Tapi jangan keburu nafsu, ya.

Pastikan dulu apakah banderol mobil atau motor yang tertera itu untuk off the road atau on the road. Sebab selisih harganya lumayan, lho.

FYI, on the road artinya kamu tidak perlu lagi repot mengurus surat-surat kendaraan seperti BPKB, STNK, pelat nomor kendaraan sendiri. Sebab semuanya diurus oleh dealer.

Sementara off the road kebalikannya. Kamu harus mengurus sendiri berkas-berkas mobil atau motor yang kamu beli. Jadi, jika membeli kendaraan dengan status off the road, kamu masih harus mengeluarkan biaya untuk mengurus berkas-berkas tersebut.

Sehingga harga mobil atau motor dengan status off the road pasti lebih murah dibandingkan motor atau mobil berstatus on the road.

1. Tinggal terima kunci dan pakai mobilnya

Awas Tertipu Diskon Akhir Tahun, Ini Beda On The Road dan Off The RoadIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa salah satu kelebihan membeli kendaraan on the road adalah kamu tinggal duduk manis, tinggal menerima kunci kendaraan baru kamu, lalu menggunakannya.

Sebab surat-surat kendaraan akan diurus oleh dealer tempat kamu membeli mobil atau motor tersebut. Kamunya tinggal menunggu aja di rumah. 

Baca Juga: 5 Alasan Orang Indonesia Lebih Suka Membeli Mobil Jepang

2. Beda wilayah, beda pula harganya

Awas Tertipu Diskon Akhir Tahun, Ini Beda On The Road dan Off The RoadPorsche Virtual Showroom Indonesia (Dok. IDN Times)

Oya, harga mobil berstatus on the road itu berbeda di setiap daerah. Karena biaya pajak kendaraan berbeda besarannya di masing-masing daerah. Sehingga bisa jadi mobil atau motor yang kamu beli di satu daerah lebih mahal jika dibandingkan dengan harga di daerah lain. So, jangan komplain kalau ada daerah yang menjual mobil atau motor yang sama dengan harga yang lebih murah, ya! 

3. Pastinya tidak perlu mengeluarkan duit apa-apa lagi

Awas Tertipu Diskon Akhir Tahun, Ini Beda On The Road dan Off The Roadunsplash/SabinePeters

Harga kendaraan on the road  memang lebih mahal dibanding harga mobil atau motor off the road. Ini karena harga on the road sudah termasuk biaya pengurusan dokumen. Sementara harga off the road lebih murah karena kamu harus mengurus sendiri surat-surat kendaraan yang kamu beli.

Jadi, kalau kamu gak mau ribet mengurus berkas-berkas kendaraan, belilah mobil atau motor yang berstatus on the road. Tapi kalau kamu mau harga yang lebih murah dan gak masalah mengurus berkas-berkas kendaraan, bisa memilih membeli secara off the road. Gitu gaes!

Baca Juga: Lagi Cari Mobil Bekas? Ini Cara Membedakan Cat Ori dengan Cat Ulang

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya