Comscore Tracker

Toyota Starlet, Mobil yang Enak Dipakai Sehari-hari 

Hatchback jadul masih terlihat sporty 

Ketika orang bertanya “Bang, saya punya uang Rp30 juta pengen mobil, enaknya mobil apa ya?”. Starlet bisa jadi jawaban atas pertanyaan tersebut.

Starlet merupakan mobil yang murah pada zamannya. Ibaratnya kalau zaman sekarang seperti mobil Agya. Harga mobil murah, tetapi soal kualitas gak mau kalah. Maka dari itu, Starlet bisa dipilih sebagai mobil pertama.

Biar lebih kenal, ini dia kelebihan Starlet generasi ketiga 1988. Simak terus, ya!

1. Desain tidak tergerus oleh zaman 

Toyota Starlet, Mobil yang Enak Dipakai Sehari-hari Toyota Starlet (youtube.com/Ridwan Hanif Rahmadi)

Meski mobil ini sudah berumur puluhan tahun, tetapi desain masih bagus untuk dipakai sekarang ini. Bentuknya klasik, tetapi menyenangkan untuk dilihat.

Dimensinya yang kecil membuat mobil mudah untuk menyelip di tengah perkotaan. Bodi dengan nuansa kotak memberi kesan kaku sekaligus jadul. Berbeda di banding generasi setelahnya yang sudah serba kapsul. Buat yang suka klasik akan lebih memilih desain kotak.

Meski jadul, mobil Starlet ini tidak malu-maluin kalau dipakai jalan lho. Bangga saja ketika menaiki mobil Starlet, apalagi kalau kondisinya masih kinclong. Pasti akan terlihat sebagai mobil klasik yang mahal.

2. Mesin bandel dan BBM irit  

Toyota Starlet, Mobil yang Enak Dipakai Sehari-hari Mesin Toyota Starlet 1988 (youtube.com/Ridwan Hanif Rahmadi)

Getaran mesin cukup halus karena menggunakan 4 silinder. Spesifikasi mesin yang dipakai 2E 1300cc 4 silinder 12 valve.

Bicara tenaga, mobil ini mampu menghasilkan 68 HP dan torsi puncak 94 Nm. Tenaganya tidak seberapa, tetapi dengan bodi yang ramping, tarikan mobil tetap enak.

Ketika mengecek mesin, hal yang perlu diperhatikan adalah belt dan sambungan radiator. Soal penggunaan BBM pun cukup irit. Kalau dibandingkan Agya, jelas kalah karena tidak memakai injeksi. Agar tidak boros perlu untuk memperhatikan setelan karbulator.

3. Rasa berkendara yang nyaman 

Toyota Starlet, Mobil yang Enak Dipakai Sehari-hari Kunci Toyota Starlet 1988 (youtube.com/Ridwan Hanif Rahmadi)

Suspensi cukup enak untuk mobil pada zamannya. Visibilitas mengemudi luas, apalagi kaca depan terasa sangat dekat dengan pengemudi, sehingga enak buat melihat ke depan.

Stir belum power steering, bakal berat ketika harus berbelok-belok. Solusinya dengan cara menambahkan power steering. Ini cukup perlu agar tangan tidak pegal saat menyetir.

Baca Juga: Fakta Menarik Toyota Starlet

4. Harga mobil murah 

Toyota Starlet, Mobil yang Enak Dipakai Sehari-hari Tampang belakang Toyota Starlet (youtube.com/Ridwan Hanif Rahmadi)

Harganya memang murah sejak dulu. Mobil ini bukanlah kelas hatchback mewah. Kini Starlet bisa dibanderol dengan budget Rp30 juta.

Seiring berjalannya waktu, makin banyak orang yang tertarik dengan mobil ini. Kenaikan permintaaan memicu kenaikan harga pula. Mencari Starlet dengan kondisi orisinal sekarang menjadi hal yang susah. Jika berhasil mendapatkan, berarti kamu termasuk orang yang beruntung!

5. Interior klasik 

Toyota Starlet, Mobil yang Enak Dipakai Sehari-hari Pintu Toyota Starlet (youtube.com/Ridwan Hanif Rahmadi)

Bagian dalam masih menciptakan kesan yang elegan. Door trim sangat sederhana dengan desain tipis. Berbeda dengan mobil sekarang yang punya door trim lebar.

Bagian dasbor terpampang audio khas Jepang. Bentuknya kotak klasik yang masih sangat sederhana. Jangan mengharapkan power window karena tidak akan ada. Kamu harus memutar tuas untuk membuka kaca jendela. Mobil ini sudah ada wiper belakang. Ayla saja belum punya untuk tipe paling rendah.

Intinya mobil ini cocok dijadikan mobil pertama kamu. Tidak perlu uang banyak, asal tidak kepanasan dan kehujanan. Pajak serta perawatannya juga tidak mahal kok.

Kalau kekurangannya pasti ada. Mobil tua kadang sering rewel, rentan terhadap kerusakan. Jika tidak teliti dalam membeli bisa mendapat mobil dengan kondisi buruk.

Tenaga juga sudah mulai loyo, fitur tidak lagi berfungsi optimal. Ketika beli Starlet, perlu siapkan budget perbaikan juga ya!

Albert Hermawan Photo Verified Writer Albert Hermawan

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." -Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya