TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Toyota Avanza Kokoh Kuasai Pasar Low-MPV

2018 masih menjadi tahunnya Avanza nih

www.toyota-global.com

Memasuki akhir tahun, peta persaingan mobil kelas low-mpv (multi-purpose vehicle) memang cukup ketat. Belum lama ini, poisisi juara bertahan Toyota Avanza sempat digeser oleh rival beratnya yakni Mitsubishi Xpander.

Namun kejayaan Xpander tidak berlangsung lama, berdasarkan data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, Avanza berhasil menembus angka 9.358 unit sedangkan Xpander hanya berada pada angka 5.408 unit.

Cukup menarik untuk dibahas mengapa Avanza tetap kokoh menjadi mobil sejuta umat di Indonesia walaupun sering "diancam" oleh para pendatang baru sebut saja Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.

1. Suku cadang yang mudah didapat

unsplash.com/rawpixel

Salah satu daya tarik pembeli Avanza adalah mudahnya dalam mendapatkan suku cadang Toyota khususnya Avanza, menyandang predikat mobil sejuta umat otomatis membuat stok suku cadangnya pasti akan diproduksi lebih banyak. Tidak hanya bengkel resmi, bengkel biasapun menyediakan suku cadang Avanza.

Pengalaman penulis sendiri yang kebetulan pernah mengalami gangguan pada Avanza ketika hendak berwisata ke daerah Ciater, bengkel yang notabene berlokasi di pinggir jalanpun memiliki dan mampu untuk memperbaiki Toyota Avanza yang tengah mengalami masalah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mobil MPV yang Nyaman untuk Keluarga

2. Layanan aftersales dan jaringan showroom yang baik

pixabay.com/SHRAVANKUMAR

Dengan menjadi mobil dengan penjualan tertinggi, merupakan bukti bahwa kualitas aftersales Toyota sangat baik sehingga dapat membuat pelanggan nyaman dan betah. Selain itu jaringan showroom juga tersebar di mana-mana, hal itu merupakan rahasia umum karena sangat mudah untuk menjumpai showroom Toyota.

3. Harga jual dan reputasi yang bagus

unsplash.com/rawpixel

Toyota Avanza terbukti memiliki reputasi bagus dalam predikat mobil bandel, Avanza dinilai mampu untuk melewati berbagai medan jalanan di Indonesia didukung dengan sistem penggerak roda belakang.

Hal itulah yang membuat Avanza memiliki nilai jual yang cukup baik serta stabil. Pengalaman pribadi penulis, harga jual Ford Fiesta lebih rendah dibanding harga bekas Toyota Avanza, tentu dapat dijadikan bukti bahwa harga jual Toyota Avanza memang baik.

4. Fitur keselamatan yang cukup

pixabay.com/Pixel-mixer

Harga untuk sebuah Toyota Avanza baru memang bukan yang paling murah, namun di balik itu semua terdapat fitur keamanan yang cukup lengkap. Mulai dari dua buah airbag di bagian depan, jok berstandar ISOFIX, rem ABS hingga sabuk pengaman lengkap untuk ketujuh penumpang yang cukup membuat sebuah mobil kelas low-mpv cukup aman.

Baca Juga: Toyota Daihatsu Racik Ulang Avanza-Xenia, Pukulan Balik Buat Xpander?

Verified Writer

Agung Destian Putra

Merangkai sebuah kata menjadi tulisan yang informatif merupakan definisi menulis bagi saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya