TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sistem Rem Otomatis Kacau, Puluhan Ribu Mazda 3 Ditarik

Smart Brake System mendeteksi rintangan palsu

Guide Auto

Jakarta, IDN Times - Puluhan ribu unit Mazda 3 ditarik dari peredaran. Penarikan ini disebabkan adanya cacat pada sistem pengereman otomatis yang menyebabkan pengereman tidak terkendali. 

Penarikan ini bermula dari keluhan pengguna Mazda3 di sebuah forum yang melaporkan, bahwa mobil Mazda3 miliknya tiba-tiba berhenti meskipun di depannya tak ada kendaraan lain yang mengerem atau berhenti. 

Baca Juga: Toyota Supra dan BMW Z4 Kena Recall di AS Gara-gara Masalah Lampu

1. Sedikitnya ada 35 ribu unit kendaraan yang ditarik

wheels.co

Masalah sistem pengereman yang tak terkendali ini telah mempengaruhi sedikitnya 35 ribu unit kendaraan. Menurut keterangan resminya, penarikan akan dilakukan pada dua seri Mazda3, yaitu Mazda3 2019 dan 2020, seperti dilansir dari Antara (2/1). 

2. Smart Brake System mendeteksi rintangan palsu

mazda.com

Masalah tersebut berasal dari Smart Brake System Mazda3. Sistem itu akan mengaktifkan rem secara otomatis saat mobil mendeteksi ada rintangan di depannya.

Menurut Mazda, kesalahannya adalah sistem pengereman otomatis tersebut mendeteksi rintangan palsu sehingga mobil menerapkan rem otomatis secara tiba-tiba.

Sebelum rem otomatis itu bekerja akan ada alarm peringatan dan indikasi layar untuk pengemudi. Namun, tidak ada yang bisa dilakukan pengemudi untuk mencegahnya.

Baca Juga: Timbulkan Percikan Api, Ford Tarik 500 Ribu Super Duty dari Pasaran

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya