TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Diskon Pajak Berlaku, 81 Ribu Unit Mobil Ditarget Laris

Daya beli masyarakat ditarget juga meningkat

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Jakarta, IDN Times - Diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen untuk pembelian mobil baru sudah berlaku mulai hari ini. Kebijakan ini diharapkan dapat menggairahkan kembali sektor otomotif.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pemerintah menargetkan penjualan mobil di Tanah Air bisa meningkat.

"Kami dari Kemenperin meningkatkan target penjualan sampai 81 ribu unit berdasarkan kebijakan ini," katanya dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Senin (1/3/2021).

Baca Juga: Relaksasi PPnBM 0 Persen, Ini Potongan Harga Buat Wuling Confero

1. Diskon pajak diharapkan dorong pemulihan ekonomi

Ilustrasi Pajak (IDN Times/Arief Rahmat)

Menperin Agus berharap pemulihan ekonomi bisa berjalan cepat, salah satunya melalui diskon pajak ini. Menurutnya, pemberian insentif dapat mendorong peningkatan daya beli masyarakat.

"Diskon PPnBM ini ditujukan untuk meningkatkan purchasing power bagi masyarakat dan untuk men-jump start pertumbuhan ekonomi karena pulihnya produksi dan penjualan industri otomotif termasuk properti akan memiliki multiplier effect bagi sektor industri lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Relaksasi PPnBM 100 Persen sampai Mei, Gak Termasuk Mobil Listrik

2. Industri otomotif terpuruk di 2020

IDN Times/Mercendes-Benz

Menperin Agus juga mengungkapkan bahwa pada 2020 industri otomotif mengalami keterpurukan. Hal itu tercermin dari penurunan produksi di 2020 yang turun sebesar 45 persen.

"Sementara sales turun 48 persen. Ini kondisi terburuk setelah 2008. Ini harus kita kejar," ujarnya.

Agus menyebut pada periode September-Desember 2020, penjualan di sektor otomotif sempat mengalami perbaikan. Namun, pada Januari 2021 kembali mengalami penurunan. "Artinya belum stabil dan juga rebound pada September-Desember tidak bisa keterpurukannya dibanding 2019," ucapnya.

Baca Juga: Relaksasi PPnBM Berlaku Maret, Ini 21 Mobil yang Bakal Turun Harga

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya