TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Merawat Kabin Mobil Agar Tidak Dihuni Banyak Serangga

Biar berkendara jadi nyaman

Pixabay.com/MikesPhotos

Serangga seperti kecoa, nyamuk, lalat dan sejenisnya memang biasanya hadir secara tak terduga pada tempat-tempat tertentu, termasuk di dalam kabin mobil. Meski dibersihkan secara berkala, terkadang serangga-serangga tersebut ‘nekat’ masuk kabin mobil tanpa disadari oleh pemiliknya.

Jika tidak segera diatasi, maka kenyamanan pengendara bisa saja terganggu dan menurunkan konsentrasi saat menyetir. Nah, berikut ini beberapa tips sederhana merawat kabin mobil agar terhindar dari serangan serangga.

1. Jangan membuang sisa atau bungkus makanan di dalam interior mobil anda

askthepilot.com

Seringnya tak disadari, kebanyakan para pengendara biasanya akan membuang asal sisa-sisa dan bungkus makanan ke tempat terdekat. Bungkus permen, tissu, kulit kacang dan sejenisnya menjadi pemicu utama serangga betah menghuni kabin mobilmu.

Jika kebiasaan buruk tersebut tidak segera dihilangkan, jangan harap kabin mobilmu akan bersih tanpa kehadiran serangga.

2. Bersihkan bagian-bagian tersembunyi kabin mobil

trophynissan.com

Selain membersihkan tempat-tempat yang mudah dijangkau, kamu juga perlu membersihkan bagian-bagian tersembunyi kabin mobil lainnya. Serangga yang memang bentuknya kecil akan mencari celah-celah kecil kabin mobil dan bersarang di sana. Jadi, jangan malas membersihkan rongga-rongga kecil kabin mobil agar serangga ‘ngacir’ ya?

Baca Juga: Tips Dasar Merawat Cat Mobil, Biar Selalu Bening dan Kinclong

3. Setelah dibersihkan, jemurlah bagian dalam agar terbebas dari serangga

masque.ca/

Selain terbebas dari sampah, kamu juga perlu menjemur bagian dalam mobil agar kelembapan bagian kabin mobil bisa berkurang. Kabin mobil yang terlalu lembap akan mengundang banyak serangga masuk dan memenuhi bagian dalam mobilnya. Kamu tentu tidak ingin kabin mobilmu dipenuhi banyak serangga karena malas membersihkannya bukan?

4. Selalu gunakan pengharum interior mobil dengan aroma yang tak disukai serangga

autowise.com

Penggunaan pengharum kabin mobil juga bisa mempengaruhi banyak atau tidaknya serangga yang menghuni kabin, lho. Sebisa mungkin, pilihlah aroma pengharum interior yang tak disukai serangga, semisal lavender, jeruk dan sebagainya. Selain memberikan aroma menyegarkan, serangga juga tidak akan lagi jadi penghuni setia kabin mobilmu.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Bikin AC Mobil Cepat Rusak 

Verified Writer

Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya