TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Michelin Segera Jual Ban Tanpa Udara, Gak Bakal Gembos!

Dijual mulai Rp600 ribuan

Michelin siapkan ban tanpa udara (Michelinmedia.com)

Jakarta, IDN Times – Sejumlah produsen ban dikabarkan tengah mempersiapkan ban tanpa udara, salah satunya Michelin. Produsen asal Prancis tersebut sudah mengumumkan tengah mempersiapkan dan akan memulai memproduksi ban tanpa udara atau Unique Puncture-proof Tire System (Uptis) mulai 2024.

Ban tanpa udara tersebut merupakan inovasi salah satu perkembangan teknologi di masa depan di bidang kompenen pendukung industri otomotif. Michelin juga dikabarkan menggandeng produsen otomotif General Motor untuk bisa menjual produknya ke publik pada 2025 mendatang.

Baca Juga: Benarkah Ban Tubeless Pakai Ban Dalam Lebih Tahan Bocor?

1. Memiliki struktur yang unik

Michelin siapkan ban tanpa udara (Michelinmedia.com)

Konsep pada ban tanpa udara memiliki struktur yang unik, yakni pada bagian dindingnya dapat berfungsi sebagai penyangga antara bagian pelek dengan tapak ban. Dengan desain struktur tersebut, kerja pada ban tersebut tak akan menggunakan tekanan udara.

Lalu pada bagian struktur bannya tersebut berfungsi sebagai peredam terhadap guncangan dan akan membantu suspensi ban untuk meredam daya kejut ketika tidak sengaja menhantam lubang atau bahkan jalan yang tak rata.

2. Sudah dikembangkan lebih dari 16 tahun

Michelin siapkan ban tanpa udara (Michelinmedia.com)

Inovasi dalam pembuatan ban tanpa udara, Michelin mengaku telah mempersiapkan dan mengembangkan produknya selama lebih dari 16 tahun. Hal itu menunjukan keseriusan Michelin dalam mengembangkan teknologi ban di masa depan.

Michelin juga mengaku belum dapat memastikan untuk mengetahui berapa lama ban tanpa udara tersebut akan bertahan. Namun Michelin memperkirakan ban tanpa udara tertsebut dapat bertahan sekitar tiga kali dari ban konvensional. Walaupun begitu, Michelin tetap menyarankan untuk melakukan pemeriksaan ban maksimal lima tahun.

Baca Juga: Michelin Jual Ban BFGoodrich Advantage Touring, Buat Semua Jenis Mobil

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya