TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Shell Super vs Pertamax, Mana Lebih Unggul?

Bisa jadi pertimbangan sebelum membeli BBM

SPBU Shell turunkan harga BBM per 4 Januari 2023 (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Jakarta, IDN Times - Produsen Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia gak hanya Pertamina, ada juga Shell. Kedua produsen BBM ini, sebenarnya memiliki nilai RON yang sama pada spesifikasi bahan bakarnya.

Pertamax merupakan produk unggulan Pertamina, sedangkan Shell mengeluarkan Shell Super untuk BBM teratasnya. Buatmu yang masih bingung bahan bakar mana yang paling baik, simak ulasan pembanding Shell Super vs Pertamax di bawah ini.

Baca Juga: Sudah Tahu? Ini Perbedaan Pertamax dan Pertalite

1. Hasil uji emisi Shell Super vs Pertamax

knalpot mobil (pexels.com/khunkorn laowisit)

Pada dasarnya, baik Shell Super atau Pertamax memiliki nilai RON sama tinggi. Untuk lolos uji emisi, kedua BBM ini harus memiliki nilai maksimal HC sebesar 200 ppm. Nah, pada hasil uji emisi yang dilakukan, Shell Super menghasilkan nilai HC 9 ppm, sedangkan Pertamax 10 ppm.

Berdasarkan hal tersebut, Shell Super dan Pertamax tentu dinyatakan lolos pada pengujian emisi. Di samping itu, baik Shell Super dan Pertamax, keduanya menghasilkan gas CO sebanyak 0 persen, lho! Jadi, sama-sama recommended untuk dibeli, ya.

2. Konsumsi bahan bakar

ilustrasi isi bahan bakar mobil (pexels.com/mike110844)

Untuk tahu keoptimalan konsumsi bahan bakar Shell Super vs Pertamax, dilakukan sebuah pengujian menggunakan mobil dengan kondisi serta jarak tempuh yang sama.

Pada hasil ujinya, Shell super berada pada nilai 16,8 km per liternya. Sementara itu, Pertamax menghasilkan angka 17,1 km per liter. Nah, dari sini dapat diketahui bahwa penggunaan bahan bakar Pertamax lebih unggul.

Baca Juga: Harga Bahan Bakar Naik, 5 Cara Menghemat BBM dalam Berkendara 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya