TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mengenal Tie Rod Mobil, Fungsinya Ternyata penting

Komponen ini yang membuat mobil gak bergetar

ilustrasi setir mobil (unsplash/tobias a. müller)

Jakarta, IDN Times - Tie rod memiliki peranan penting pada sistem kemudi. Dengan ini, kendaraan dapat melaju dengan stabil serta mudah dikendalikan. Tie rod terletak di antara knuckle roda depan dan steering gearbox, sehingga bisa jadi penghubung keduanya.

Jenis tie rod pun tergantung pada sistem kemudi yang digunakan. Lantas, apa saja fungsi  tie rod pada sistem kemudi mobil? Simak info lengkap berikut ini.

Baca Juga: Simpel, Begini Cara Mudah Bedakan Spare Part Mobil Asli atau Palsu

Apa itu tie rod?

tie rod (wuling.id)

Tie rod disebut komponen penting pada sistem kemudi mobil. Benar saja, karena tie rod merupakan spare part mobil yang berada diantara knucle roda dan streering gearbox.  Bentuknya panjang, sehingga dapat menghubungkan ujung staring rack dengan roda mobil depan.

Bentuk tie rod ini pun berbeda tiap jenis dan sistem kemudi yang digunakan. Pada jenis kemudi steering rack, nantinya akan ada dua jenis tie rod, yakni rack end atau long tie rod dan tie rod end. Nah, long tie rod inilah yang terhubung pada ujung steering rack.

Sementara itu, pada tie rod end akan dipasang dan terhubung dengan empat roda mobil. Baik long tie rod ataupun tie rod end memiliki peranan penting pada sistem kemudi mobil.

Baca Juga: 6 Kelebihan Mobil Hybrid yang Bikin Unggul dari Mobil Konvensional 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya