Comscore Tracker

5 Tips Aman Membeli Spare Part di E-Commerce

Jangan gampang percaya!

Jakarta, IDN Times - Saat ini kamu gak perlu ribet mengunjungi bengkel untuk membeli spare part kendaraan. Cukup bermodalkan gadget dan internet, kamu bisa membelinya melalui e-commerce. Setelah itu tinggal menunggu kurir datang ke rumah.

Tapi, jangan sembarang membeli. Ada beberapa tips aman membeli spare part di e-commerce supaya barang yang datang gak mengecewakan.

1. Teliti toko online

5 Tips Aman Membeli Spare Part di E-CommerceToko Modern Fast Pay

Hal utama yang harus kamu lakukan ketika hendak membeli spare part secara online adalah memperhatikan dengan teliti toko online yang dipilih. Caranya kamu harus mengetahui reputasi toko online di salah satu e-commerce, biasanya toko dengan reputasi yang baik akan ditandai dengan banyak simbol bintang.

Jangan mudah percaya sampai di situ saja, kamu juga harus memeriksa dan membaca ulasan dari pelanggan yang pernah membeli di toko online tersebut. Pastikan bahwa toko tersebut memang menjual barang sesuai deskripsi, perhatikan pelayanannya baik atau tidak, hingga proses pengemasan dan pengimiran produknya.

Baca Juga: Simpel, Begini Cara Mudah Bedakan Spare Part Mobil Asli atau Palsu

2. Baca deskripsi dengan baik

5 Tips Aman Membeli Spare Part di E-Commercepixabay/fancycrave1

Setiap toko di berbagai e-commerce pasti akan memasukkan deskripsi barang yang di jual. So, pastikan lagi kalau kamu sudah membaca semua deskripsi spare part yang ingin kamu beli di toko online. Mulai dari deskripsi tentang model produk hingga ketersediaan barang.

Gak berbeda seperti belanja di toko secara langsung, sebaiknya kamu jangan singgah di satu toko online saja lalu membelinya. Kamu harus mencari dan membandingkan spare part yang kamu inginkan di berbagai toko yang mempunyai reputasi terbaik. Hal tersebut dilakukan agar kamu gak menyesal saat barang sudah sampai ke tanganmu.

3. Jangan percaya dengan harga miring

5 Tips Aman Membeli Spare Part di E-CommerceIlustrasi Diskon (IDN Times/Aditya Pratama)

Kebanyakan orang memilih membeli spare part di e-commerce karena tergiur dengan harganya yang miring dibanding harga di toko offline. Nah, kamu jangan percaya begitu saja dengan harga murah, apalagi kalau jauh di bawah harga pasaran atau bahkan diskon. Sebab, kualitas yang akan kamu dapatkan belum tentu layak untuk digunakan.

4. Pastikan garansi dan kondisi spare part

5 Tips Aman Membeli Spare Part di E-Commerceriaume.com

Biar gak terlambat kecewa saat barang datang nantinya, tidak ada salahnya kalau kamu tanyakan kepada penjual terlebih dahulu bahwa spare part bergaransi atau tidak. Sebab, banyak toko online yang menjualnya tanpa garansi karena kondisi barangnya minus atau gak sempurna.

5. Jangan hapus bukti pembayaran

5 Tips Aman Membeli Spare Part di E-CommercePixabay/Michael Schwarzenberger

Sama seperti membeli spare part di toko offline, kamu juga gak boleh membuang atau menghapus bukti pembayaran. Biasanya bukti ini akan muncul di email atau pesan singkat setelah kamu membeli di toko online. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Seperti barang gak sampai-sampai atau adanya cacat pada sparepart, jadi kamu bisa komplain ke penjualnya dengan bukti pembayaran tersebut.

Baca Juga: Red Black Jok Motor, Bengkel Spesialis Jok Langganan Komunitas

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya