TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tanda-tanda Koil Mobil Rusak, Segera Ganti Baru!

Koil mobil rusak, pengapian tak lancar

ilustrasi servis mobil (pexels.com/cottonbro)

Jakarta, IDN Times - Koil mobil rusak bisa jadi masalah tersendiri. Apalagi, koil adalah elemen yang mengatur sistem pengapian pada mesin mobil. Koil juga menyimpan arus listrik dari aki, kemudian mengalirkannya jadi percikapn api melalui busi.

Ada tiga jenis kumparan pada koil mobil, yaitu kumparan primer, kumparan sekunder, dan kumparan penyekat. Semuanya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai pemicu atau penghasil panas berupa loncatan api listrik ke arah busi.

Nah, mengingat pentingnya fungsi koil ini, kamu harus menyadari tanda-tanda ketika koil mobil kamu sudah rusak. Berikut adalah tanda-tandanya.

Baca Juga: Arti di Balik Garis Jalan Berwarna Kuning dan Putih, Bukan Variasi Lho

1. Percikan api di koil dan busi yang bermasalah

pinterest.com

Koil membantu busi menciptakan percikan api di ruang bakar. Nah, ketika percikan api ini bermasalah, itu bisa jadi pertanda koil mobil sudah rusak. Jika percikan api di busi berwarna kuning kemerahan dan kecil, itu bisa jadi salah satu pertanda koil mobil rusak.

Selain itu, ketika percikan api muncul di koil itu sendiri, itu juga bisa jadi tanda koil mobil sudah lemah. Sebab, insulator koil bisa saja sudah bocor. Agar lebih jelas, coba cek percikan api ini dalam kondisi gelap.

2. Koil mobil terasa panas

Ilustrasi servis mobil (Unsplash/ Kate Ibragimova)

Tanda selanjutnya ketika koil mobil sudah rusak adalah koil mobil terasa panas. Cara mengetesnya, coba raba bagian luar koil dan rasakan panasnya. Jika panas yang dirasakan berlebih, bisa jadi koil mobil kamu sedang bermasalah.

Ada beberapa sebab ini bisa terjadi. Salah satu kemungkinannya adalah faktor usia pakai, yang menyebabkan nilai resistansi gulungan kawat primer dan sekunder jadi sangat besar. Jika sudah begini, coba ganti yang baru.

Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Ketika Mobil Mogok di Jalan Tol?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya