Comscore Tracker

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Mobil Kamu Cepat Rusak

Jangan sampai mobilmu mogok mendadak

Jakarta, IDN Times – Apa jadinya kalau mobilmu mendadak mogok di tengah jalan? Selain akan merepotkan diri sendiri, pengendara lain pastinya juga akan sewot. Nah, biar hal ini gak terjadi, kamu harus mulai ngeh sama kondisi mobilmu sendiri.

Sebab, seperti badan kita, mobil pun membutuhkan perhatian. Semakin kamu mengabaikan mobilmu, semakin besar pula peluang mobil tersebut mendadak mogok di tengah jalan. Bahkan, bukan tak mungkin mobil tersebut rusak sebelum waktunya.

Nah biar semua hal buruk itu gak terjadi, hindari 5 kebiasaan ini ya!

1. Mengabaikan lampu indikator

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Mobil Kamu Cepat RusakMazda Indonesia

Mengabaikan lampu indikator yang ada pada panelmeter mobil bisa merusak mobil, lho. Sebab lampu indikator merupakan sinyal yang saling terkoneksi sebagai peringatan, mulai dari mesin, bahan bakar, hingga sabuk keamanan. 

Biasanya lampu ini akan nyala ketika ada permasalahan pada mesin atau bahan bakar pada kendaraan. Jadi jangan pernah mengabaikan lampu indikator ini ya gaes!

Baca Juga: Punya Mobil Tua? Ini Tips dan Trik Merawatnya

2. Tidak melakukan servis rutin

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Mobil Kamu Cepat Rusakwww.otomart.id

Komponen mobil itu ada usianya lho guys. Jadi sangat penting melakukan pengecekan mobil secara berkala. Pengecekan berkala ini untuk mengetahui apakah satu komponen sudah harus diganti atau belum. Yang pasti, servis berkala akan membuat usia mobilmu semakin panjang.

3. Tidak mengganti cairan

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Mobil Kamu Cepat Rusakdriving-news.co.uk

Fungsi cairan pada mobil sangat vital, lho. Oli, misalnya, berfungsi melumasi mesin. Jika kekurangan oli, maka mesin mobil akan macet. Selain itu ada juga minyak rem dan minyak power steering. Pastikan minyak rem dan minyak power steering dalam jumlah yang cukup.

Cairan lain yang perlu mendapatkan perhatian adalah air radiator. Sebab kekurangan air pada radiator bisa mengakibatkan mesin menjadi over heat. Kalau sudah begini, siap-siap turun mesin, deh! 

4. Mengabaikan tekanan ban

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Mobil Kamu Cepat Rusakuniroyal-tyres.com

Ban merupakan salah satu bagian yang juga penting dalam kendaraan. Sebab, bagian ban ini bersentuhan langsung dengan jalan sekaligus menopang beban kendaraan. Maka dari itu, ban juga perlu dilakukan perawatan dengan cara rajin memeriksa keausan ban. Sebab keausan ban bisa mengakibatkan kecelakaan lho!

5. Cara mengemudi

5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Mobil Kamu Cepat Rusakbestcarmag.com

Faktor lain yang bisa membuat mobil cepat rusak adalah gaya berkendara. Misalnya terlalu sering menginjak kopling di saat macet akan membuat plat kopling cepat habis. Selain itu menggunakan porsneling secara tidak pas juga bisa mempercepat kerusakan transmisi. 

So, jangan sampai mengabaikan perawatan mobil ya guys.

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya